Mobil Bertenaga Surya Pertama di Dunia

Sekolahnews – Lightyear yang berbasis di Belanda telah memulai produksi kendaraan listrik pertamanya, ‘0.’ Ini adalah mobil bertenaga surya pertama di dunia. Sedan ini memiliki desain aerodinamis dengan koefisien drag yang diklaim sebesar 0,19 dan mengusung garis atap memanjang dan landai seperti coupe. Mobil futuristik ini ditutupi dengan lima meter persegi sel surya di atapnya untuk pemulihan energi yang efisien.

Dengan mobilitas berkelanjutan yang menjadi prioritas dalam beberapa tahun terakhir, hampir setiap produsen otomotif mengembangkan Battery Electric Vehicle (BEV). Sementara sebagian besar dari mereka hanya mengandalkan infrastruktur pengisian daya untuk memberi daya pada penawaran mereka, start-up kendaraan listrik Belanda yakni Lightyear telah mengambil pendekatan alternatif dengan menambahkan kemampuan pengisian tenaga surya ke kendaraan pertamanya. Lightyear 0 dapat menambah jangkauan 70 km per hari menggunakan panel surya.

Lightyear 0 2023 memiliki kap mesin yang panjang dan kekar, grill ramping, lampu depan LED memanjang ke belakang, air dam lebar, lampu kabut yang dipasang di bumper, dan garis atap landai seperti coupe yang memanjang. Di bagian samping, mobil listrik ini diapit oleh pilar hitam, kamera sebagai pengganti ORVM, penutup aero opsional (belakang), dan velg alloy sporty. Lampu belakang LED panjang dan terhubung tersedia di bagian belakang.

Lightyear 0 ditenagai oleh susunan empat motor listrik yang dihubungkan dengan baterai 60 kWh. Mobil listrik ini menjanjikan jangkauan 625 km dengan sekali pengisian daya dan tambahan 70 km/hari dari panel surya saja. Sedan ini memiliki kecepatan tertinggi 160 km/jam.

Di bagian dalam, Lightyear 0 memiliki kabin lima tempat duduk yang luas dan memiliki desain dasbor minimalis, pelapis berkelanjutan yang dibuat menggunakan botol PET daur ulang dan kulit vegan, kontrol suhu otomatis, tiga layar kecil untuk unit kamera tampak belakang, dan setir multifungsi. Mobil listrik ini memiliki cluster instrumen digital dan panel infotainment 10,1 inci yang menggunakan OS Android. Keselamatan penumpang dipastikan dengan beberapa airbag.

Di kawasan Eropa, mobil listrik bertenaga surya Lightyear 0 2023 memiliki harga dasar €250.000 (sekitar 4 milyar rupiah). Perusahaan tersebut telah menerima 150 pre-order untuk sedan futuristik tersebut dan berencana untuk memproduksi satu unit setiap minggunya.