Jenis Makanan yang Membantu Mengurangi Stres dan Menutrisi Tubuh

Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengelola stres, bisa dengan melakoni hobi atau menghabiskan waktu bersama sahabat dan keluarga. Tak hanya itu, ada beberapa makanan sehat dan bergizi yang bisa dinikmati untuk menghilangkan stres dan mengurangi tingkat keparahan depresi.

Berikut jenis makanan yang dianjurkan Archana Batra, dokter spesialis gizi, untuk mengurangi stres dengan menurunkan kadar kortisol, dikaitkan dengan siklus tidur, kadar gula darah, peradangan dan tekanan darah, sekaligus menambah nutrisi ke tubuh dengan baik.

Teh Chamomile

Ada banyak bukti yang menyatakan manfaat pengobatan dari chamomile, seperti menurunkan stres yang terlihat dan meningkatkan tidur nyenyak pada individu. Secangkir teh chamomile hangat dapat memberikan efek menenangkan yang melemaskan saraf serta melepaskan simpul stres di tubuh. Teh chamomile sudah menunjukkan efek relaksasi pada kram dan mengobati beberapa masalah pencernaan seperti mual dan kembung.

Peterseli

Peterseli kaya akan antioksidan dan vitamin K yang membantu pembekuan darah saat ada memar atau luka pada kulit, dan juga berkontribusi pada kepadatan tulang. Peterseli juga kaya vitamin C yang bisa mengurangi stres oksidatif dan mengurangi gangguan kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

Blueberry

Buah beri kaya antioksidan flavonoid dan fitonutrien yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Antioksidan dalam blueberry melawan kolesterol ekstra yang pada akhirnya teroksidasi dalam tubuh. Kontrol kadar kolesterol memastikan bahwa tubuh tidak rentan terhadap penyakit jantung.

Omega-3

Omega-3 merupakan nutrisi penting dalam mencegah serta mengelola banyak penyakit jantung. Ini juga dapat menurunkan tekanan darah, peradangan, dan detak jantung yang tidak normal. Omega-3 sudah diketahui efektif dalam mengurangi efek depresi dan stres pada manusia. Cara paling mudah untuk mengonsumsi omega-3 adalah melalui ikan berlemak, namun jika seorang vegan atau vegetarian, ada banyak alternatif yang bisa dipilih seperti alpukat, biji chia, biji rami, minyak zaitun, kenari, dan kedelai.