Kebiasaan Penyebab Kulit Kering

Kulit kering umumnya terjadi dalam waktu tertentu, seperti akibat paparan polusi atau karena kulit yang terbakar. Namun, pada beberapa orang, kondisi tertentu dapat memicu kulit kering.
Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan kulit kering dan mengalami dehidrasi.

Kulit kering bisa terjadi dari ujung kepala hingga ujung kaki. Kondisi ini terjadi saat kulit kehilangan asupan cairan.Beberapa orang dengan eksim umum mengalami kulit kering. Kondisi ini terjadi karena adanya peradangan.

Namun, bagi orang lain, kebiasaan tertentu dapat memperburuk kondisi kulit. Berikut diantaranya, mengutip berbagai sumber.

Mandi air panas
Mandi air panas memang bisa memberikan efek relaksasi. Namun, air panas akan membuat kulit mengering.

Ahli mengatakan bahwa air panas bisa mengeringkan kulit karena suhu panas yang bisa menghilangkan minyak alami pada kulit. Hasilnya, kulit terasa kering dan iritasi.

Menggunakan produk dengan pewangi

Pewangi pada produk kecantikan dan perawatan kulit seperti pelembap, tabir surya, deodoran atau makeup bisa mengiritasi kulit yang sensitif.

Mengabaikan faktor kelembapan
Pada lingkungan yang kurang lembap atau kering, kulit tak memiliki banyak kelembapan untuk dipertahankan. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan pada kulit.

Kurang minum air putih
Minum 2 liter atau 8-10 gelas air setiap hari penting guna menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk juga kesehatan kulit. Air memainkan peran penting dalam membuat kulit bersinar dan bebas kering.