Kenapa terjadi Demo Di Hong Kong ?

SekolahNews – Penyebab terjadinya demo besar-besaran di Hong Kong adalah karena rancangan undang-undang (RUU) Ekstradisi yang diajukan Hong Kong kepada China tapi banyak rakyat Hong Kong yang tidak setuju atas usulan RUU tersebut.

Sekitar bulan  Februari 2019, Biro Keamanan Hong Kong menyerahkan draft dokumen tentang usulan perubahan undang-undang ekstradisi. Rancangan amandemen ini mengusulkan perubahan perjanjian ekstradisi, dimana  diperbolekannya penjahat yang tertangkap di Hong Kong diekstradisi ke China. Banyak warga Hong Kong kontra dengan usulan perubahan undang-undang ini.Mereka menganggap bahwa RUU tersebut apabila disahkan akan mengganggu citra Hong Kong sebagai negara yang aman untuk berbisnis dan kebebasan berpendapat yang selama ini menjadi salah satu pembeda utama antara China dan Hong Kong bisa musnah.

Belakangan tuntutan pendemo kian berkembang seperti meminta Pemimpin Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam untuk pengunduran dirinya dan menuntut reformasi total dan penegakan demokrasi.

Hingga kini demo masih terus berlanjut dan mengakibatkan pertumbuhan ekonomi melambat karena aktivitas ekonomi seperti perdangan dan transportasi terganggu. Disamping itu terjadi banyak kerusakan fasilitas negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.