Kini Login Google Cuma Pakai Jari

SekolahNews – Saat ini hampir setiap orang punya akun Google untuk mengakses suatu layanan atau menggunakan aplikasi. Saat akan masuk atau login, kita pasti diarahkan ke halaman login. Nah, disini kita diharuskan memasukan nama akun dan password.

Andai cuma sekali dua kali mungkin masih okelah, tapi kalau berkali-kali pasti kebayang deh repotnya.

Tetapi sekarang tak perlu khawatir, Google menyediakan fitur untuk mempersingkat proses itu yang memungkinkan penggunanya login dengan jari atau tepatnya biometrik sidik jari.

Iya, benar cuma pakai jari. Itu artinya, pengguna tak perlu repot-repot untuk mengetikkan nama akun dan kata sandi mereka jika diminta oleh Google.

Caranya?

Dikutip dari Kompas.com (13/8/2019) untuk login dengan sidik jari, ada beberapa tahapan:

  • Kunjungi situs Google Password Manager di browser Google Chrome pada ponsel masing-masing
  • Buka situs Password Manager tadi, pilih menu website, layanan, atau aplikasi yang ingin bisa diakses atau login dengan sidik jari.
  • Akan muncul pop-up untuk menyimpan informasi login di layanan Password Manager Google.
  • Setelah memilih website atau layanan yang diinginkan, di halaman selanjutnya atau halaman verifikasi “Verify it’s you”, klik tombol “Continue”.
  • Konfirmasi identitas fingerprint. Di sini, tempel jari Anda di modul pemindai sidik jari di smartphone.
  • Pilih “Use screen lock”.
  • Setelah itu, pengguna bisa login ke layanan atau situs yang dipilih tadi tanpa memasukkan kata sandi cukup dengan sidik jari.

Diklaim Aman

Google mengandalkan sistem protokol web teranyar (FIDO2 dan WebAuthn) yang kemudian dihubungkan dengan sistem pembaca sidik jari di ponsel Android.

Data biometrik yang dibaca ini disebut tidak akan bocor ke dunia maya, atau dikirim ke server, sehingga diklaim aman karena sejatinya Google hanya melakukan verifikasi dengan membaca data biometrik fingerprint di ponsel pengguna.

Namun sayangnya fitur ini baru bisa dinikmati di ponsel Google Pixel dengan sistem operasi Android 7.0 ke atas, yang sudah memiliki fitur screen lock.

Tapi Google mengatakan suatu saat nanti fitur ini bakal dinikmati semua ponsel, walaupun belum pasti kapan waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.