5 Film dengan Biaya Produksi Selangit

Sukses tidaknya sebuah film dipengaruhi beberapa faktor, Salah satunya bisa diukur dengan besaran biaya produksi film tersebut.

Di masa kini, industri film bukan lagi sekedar bagian dari sebuah bisnis hiburan semata, tapi juga investasi bernilai miliaran hingga triliunan rupiah. Bagi para pecinta film pasti bisa membedakan seperti apa kualitas film dengan budget yang gila-gilaan dan yang biasa saja.

Seperti dirangkum cermati.com (13/8) versi forbes, Pengeluaran biaya yang tidak main-main dalam sebuah produk film bukanlah untuk sekedar gengsi, tapi mengejar keuntungan yang berkali-kali lipat dari penayangannnya.

Apalagi untuk sebuah film bertema teknologi dan fantasi, tentu saja biaya produksi yang tinggi sudah bukan hal yang asing lagi. Penasaran film-film apa yang mampu menghabiskan biaya hingga triliunan rupiah dibalik biaya produksinya? Ini dia Lima film teratas dengan biaya produksi termahal didunia:

  • Pirates of the Caribean at World’s End (Rp 4 triliun)
pirates.disney.com
Ilustrasi (by pirates.disney.com)

Salah satu film serial tersukses di dunia Pirates of the Carribean berhasil menyabet posisi pertama untuk daftar ini, lebih tepatnya seri ketiganya yaitu Pirates of the Carribean at World’s End. Menghabiskan biaya produksi hingga $300 juta atau Rp4 triliun. Film bajak laut tersukses di dunia yang di bintangi oleh aktor tampan Johnny Depp ini menjadi biaya produksi termahal di dunia hingga saat ini.

  • John Carter (Rp 3,7 triliun)
Ilustrasi (by Netflix.com)

Film bertema fantasi lainnya John Carter ini menempati posisi kedua dengan biaya produksi sebesar $263,7 juta atau Rp3,7 triliun. Film yang diproduksi tahun 2012 ini bercerita tentang sebuah petualangan fiksi ilmiah yang diangkat dari novel karya Edgar Rice Burroghs dengan judul A Princess of Mars dan diperankan oleh aktor tampan Taylor Kitsch.

  • Tangled (Rp 3,6 triliun)
Ilustrasi (by hotstar.com)

Tangled adalah judul film animasi Princess lain dari Disney yang menceritakan tentang Putri Rapunzel berambut panjang yang diculik dan dikurung oleh seorang penyihir jahat di sebuah menara tinggi di bagian hutan terdalam.

Memilki versi berbeda dari cerita Rapunzel pada umumnya, Disney pun berhasil meraup banyak keuntungan dari penayangan film ini. Tapi tentu saja kesuksesan film dari Disney diikuti oleh biaya produksi yang sangat mahal untuk ukuran film animasi pada umumnya yaitu $260 juta atau Rp3,6 triliun. Bisa dikatakan Tangled adalah film animasi termahal di dunia saat ini.

  • Spiderman 3 (Rp 3,6 triliun)
Ilustrasi (by ign.com)

Spiderman 3 bisa dikatakan sebagai sekuel paling sukses yang pernah diraih oleh film series Spiderman lainnya. Berhasil mendapatkan pendapatan kotor hampir 3x lipat dari biaya produksi yang sudah bernilai fantastis tentu saja berhasil membuat sosok Spiderman sebagai salah satu karakter pahlawan fiksi yang paling populer sepanjang masa.

Penasaran berapa harga produksinya? Spiderman 3 menghabiskan budget produksi hingga $258 juta atau Rp3,6 triliun. Nah, bisa kebayang dong berapa keuntungannya.

  • Pirates of the Caribean: On Stranger Tides (Rp 3,6 triliun)
Ilustrasi (by flixwatch.co)

Berhasil lagi masuk kedalam film termahal yang pernah dibuat. Salah satu series Pirate of the Carribean, On Stranger Tides ini biaya produksinya mencapai $250 juta atau sekitar Rp3,6 triliun. Walaupun bukan yang termahal, tapi keuntungan yang didapat dari series film ini menjadikan series Pirates of the Carribean sebagai series yang paling sukses dan memiliki keuntungan tertinggi dibandingkan series film si kapten Jack Sparrow yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.