Beradu Pintar diajang Kompetisi Sains Antar Madrasah 2019

SekolahNews – Agenda tahunan kompetisi sains antar siswa madrasah kembali dilaksanakan. Kali ini kota Manado di Sulawesi Utara didapuk menjadi tuan rumah.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2019 rencananya akan digelar selama sepekan, dari 16-21 September 2019 mendatang. Sebanyak 550 siswa dari 34 provinsi di Indonesia.

Mereka berasal dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Juga ada peserta undangan dari sekolah umum mulai dari SD, SMP, dan SMA.

Seperti dikutip dari laman Medcom.id (13/09/2019) Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin mengatakan bahwa kompetisi ini, didesain untuk menancapkan budaya sains di kalangan madrasah.

Kementerian Agama memiliki program “Madrasah Hebat Bermartabat” dengan salah satu penerapannya kompetisi madrasah dalam bidang sains.

Saat ini, lanjut dia, madrasah tidak lagi memiliki stigma sebagai sekolah kelas dua, karena telah dikelola dengan profesional dan didukung pemerintah.

“Olimpiade sains KSM ini bukan debut satu-satunya anak madrasah dalam kancah kompetisi sains. Di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) siswa madrasah juga sudah banyak merebut penghargaan bergengsi, meskipun berhadapan langsung dengan sekolah-sekolah umum
ternama,” jelasnya.

Kontingen yang akan beradu pintar di KSM 2019 merupakan pemenang yang berhasil lolos seleksi ketat ditingkat kabupaten/kota dan provinsi.

“Dengan demikian maka persaingan akan sangat berat. Berbagai cabang yang dipertandingkan adalah Matematika Terintegrasi, Sains IPA Terintegrasi, IPS Terintegrasi serta Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi Terintegrasi,” terangnya.

Selain kompetisi sains, dalam gelaran KSM 2019 juga akan digelar Madrasah Young Researcher Camp. Acara ini bakal mempresentasikan dan menggelar pameran hasil riset dalam bidang Sains, Sosial, dan ilmu Keagamaan anak madrasah se Indonesia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.