Koneksi WiFi Makin Ngebut, Begini Caranya

WiFi (Foto: Pinterest)

Sekolahnews – Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi koneksi WiFi yang melambat. Mulai dari sambungan WiFi ke perangkat yang digunakan hingga posisi router yang banyak terhalang oleh penghalang sinyal.

Koneksi WiFi melambat di tengah banyaknya pekerjaan dan tugas, tentu akan sangat menggaggu. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan koneksi WiFi.

Batasi jumlah perangkat yang terhubung ke WiFi

Jika kamu memiliki kendali penuh pada router, umumnya tersedia fitur untuk memantau trafik internet yang sedang berlangsung. Cobalah untuk membatasi jumlah perangkat yang terhubung ke WiFi.

Pakai perangkat wireless extender atau repeater

Jika kamu memiliki anggaran terbatas namun memadai, disarankan untuk membeli wireless range extender untuk memperluas jangkauan dan menguatkan sinyal WiFi.

Ubah posisi router

Sebenarnya mengubah posisi antena router tidak terlalu signifikan karena tak ada indikator apakah kualitas sinyal WiFi benar-benar akan berpengaruh. Namun jika memindahkan posisi router agar sinyal tak terhalang benda, mungkin akan berpengaruh.

Ubah prioritas koneksi WiFi pada router

Pada router saat ini tersedia fitur bernama QoS atau Quality of Service. Fitur ini menyajikan urutan prioritas kegiatan internet. Misalnya, jika kamu ingin melakukan streaming maka pasang jenis kegiatan tersebut sebagai prioritas utama.