Liverpool Juara Liga Inggris 2019/2020

SekolahNews — Penantian Liverpool selama 30 tahun untuk meraih gelar juara liga Inggris atau lebih dikenal premier league akhirnya tercapai.

The Reds, julukan Liverpool, kali terakhir klub yang bermarkas di Anfield tersebut juara Liga Inggris adalah pada tahun 1990. 

Ketika itu, Si Merah diasuh oleh pelatih legendaris, Kenny Dalglish.  Tepatnya, gelar terakhir mereka didapat pada musim kompetisi 1989-1990, ketika Liga Inggris masih bernama Divisi I.

Baca juga: Kalahkan Barcelona dan Madrid, Liverpool Jadi Klub Paling Bernilai di Eropa

Gelar juara Liverpool dipastikan  pada Jum’at dini hari setelah Manchester City takluk dari Chelsea dengan skor 1-2.

Walaupun masih menyisakan 7 laga lagi, namun raihan poin Liverpool telah mengumpulkan 86 poin tidak mungkin terkejar oleh Manchester City yang baru mengumpulkan 63 poin walaupun Manchester City menang dalam 7 laga dan Liverpool kalah di semua laga.

Selama 30 tahun ini, prestasi terbaik Liverpool dalam gelaran Liga Inggris adalah dengan menempati posisi runner-up.

Adapun yang paling menyakitkan terjadi pada musim 2018-2019. Sebab, musim lalu Liverpool mampu mengoleksi 97 poin, namun tetap gagal menjadi juara.

Liverpool pasalnya hanya berselisih satu poin dari Man City yang menjadi kampiun musim lalu. Jika melihat pada catatan pertandingan, Liverpool sebenarnya hanya kalah sekali musim lalu, sedangkan Man City empat kali tumbang. Akan tetapi, Liverpool cukup sering memperoleh hasil imbang.

Baca juga: Liverpool Puncaki Klasemen usai Tekuk City 3:1

Liverpool sukses mengunci titel juara Liga Inggris dengan laga Premier League musim ini masih menyisakan tujuh pertandingan lagi.

Catatan ini merupakan rekor baru dalam sejarah Liga Inggris, baik di era Premier League maupun secara keseluruhan.

Catatan terbaik sebelumnya adalah milik Manchester United (1907/1908 dan 2000/2001), Everton (1984/1985), dan Manchester City (2017/2018) yang memastikan gelar juara ketika kompetisi masih menyisakan lima laga.