Manfaat Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah

Sekolahnews.com – Menjadi siswa berprestasi di sekolah merupakan keinginan bagi semua siswa. Siapa sih yang nggak mau menjadi siswa berprestasi? Menjadi siswa berprestasi itu sangat menyenangkan karena menjadi siswa berprestasi itu memiliki banyak sekali manfaat.

Apa saja manfaatnya? Ikuti ulasan berikut! Sebelum kita membahas tentang manfaat menjadi siswa berprestasi di sekolah, alangkah lebih baiknya kita mengetahui dulu apa yang disebut dengan prestasi.


Prestasi merupakan suatu ungkapan yang diperuntukkan pada seseorang yang mampu mengasah kelebihannya dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan yang positif, serta berusaha untuk meminimalisir kekurangannya.

Kita diharapkan berprestasi di segala bidang, baik bidang akademik maupun non akademik. Tapi tentu kita harus lebih bekerja keras lagi. Jika kita tidak bisa menguasai semua bidang atau mata pelajaran, tidak masalah, no problem its oke aja.

Sekurang-kurangnya, kita dapat menguasai satu atau dua mata pelajaran, tapi jangan sampai melupakan pelajaran lainnya. Kita harus tetap berusaha untuk menguasai pelajaran lainnya, lho?

Cara menjadi siswa berprestasi sangatlah mudah. Akan tetapi, kebanyakan orang menganggap menjadi siswa berprestasi itu sangat sulit.

Bahkan pada artikel sebelumnya, rekan saya, Dennis Pahlevi, telah membahas tentang cara keren menjadi siswa berprestasi di sekolah.

Nah, kali ini saya akan membagikan manfaat menjadi siswa berprestasi di sekolah. Beberapa manfaat menjadi siswa berprestasi di sekolah, diantaranya :


1.Masa depan yang cerah

Dengan menjadi siswa berprestasi, peluang untuk memiliki masa depan yang cerah itu sangat besar. Ini disebabkan oleh adanya kemampuan untuk mengasah kelebihan sehingga menimbulkan daya kreativitas yang tinggi. Orang yang kreatif berpotensi menciptakan lapangan kerja sendiri atau mendapatkan lapangan kerja sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

2.Membanggakan keluarga

Jika kita berprestasi, tentunya keluarga pasti bangga, khususnya kedua orangtua. Tujuan orangtua untuk menyekolahkan kita adalah agar kehidupan kita lebih baik daripada beliau. Kedua orangtua mungkin tidak butuh imbalan apa pun dari anak-anaknya, beliau hanya ingin melihat anaknya sukses. Dengan kita berprestasi, kita pasti akan membuat orangtua kita merasa bangga.

3.Mengharumkan nama sekolah

Jika ada event atau lomba antar sekolah, baik tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, bahkan internasional, yang dipilih tentunya siswa yang berprestasi di bidang yang diperlombakan tersebut. Seandainya kita menang, tentunya kita akan mengharumkan nama sekolah ataupun daerah asal kita.

4.Menimbulkan motivasi pada diri orang lain

Bila kita berprestasi, tentunya orang lain kagum dan berminat untuk mencapai prestasi seperti kita. Orang lain akan termotivasi untuk meraih prestasi. Meskipun begitu, pasti ada orang yang iri dengan kita.

5.Mendapat pahala dari Tuhan

Menuntut ilmu adalah suatu kewajiban dalam agama Islam. Dengan berprestasi, berarti kita telah dapat menuntut ilmu dengan baik, dan pastinya kita akan mendapat pahala. Tapi jangan sampai prestasi itu membuat kita sombong dan angkuh.

Selain dari manfaat di atas, masih banyak manfaat-manfaat lainnya yang tidak dapat diulas satu persatu. Semoga artikel manfaat menjadi siswa berprestasi di sekolah ini bermanfaat, terimakasih. (*Penulis : Difo Faizi Pratama).(matrapendidikan .com).