Manfaat Rosehip Oil

Rosehip merupakan buah yang berkembang dari bunga tanaman mawar liar. Buah tersebut memiliki warna oranye hingga hitam keunguan. Rose hip biasanya muncul atau berkembang di bagian akhir musim panen, sekitar akhir musim panas hingga musim gugur.

Rosehip oil adalah minyak yang berasal dari biji tumbuhan Rosa moschata Herrm. Tumbuhan liar ini tingginya dapat mencapai dua meter, dengan bunga berwarna merah muda. Belakangan, rosehip oil mulai banyak dilirik oleh industri kosmetik sebagai salah satu kandungan produk antiaging-nya. Bukan tanpa alasan, karena minyak ini sangat kaya akan antioksidan dan asam lemak yang baik untuk kulit.

Apa saja sih manfaat dari rosehip oil? Yuk simak infonya di bawah!

• Melembapkan kulit

Manfaat rosehip oil berikutnya berasal dari kandungan asam linolenat dan ceramide di dalamnya yang dapat membantu melembapkan kulit.

Sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Molecular Science menunjukkan bahwa minyak rosehip mampu berperan sebagai pelindung alami yang memperbaiki kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering dan gatal, tak ada salahnya untuk mengoleskan minyak rosehip sesaat setelah mencuci muka. Rosehip oil memiliki tekstur yang tidak terlalu berminyak sehingga bisa digunakan untuk melembapkan jenis kulit lainnya.

• Mengurangi Peradangan

Minyak rosehip mengandung antioksidan seperti vitamin E, antosianin, dan polifenol yang merupakan antiperadangan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kapsul bubuk rosehip dapat mengurangi keluhan nyeri akibat osteoartritis pada 145 pasien yang diuji. Efek ini didapat dalam waktu yang yang singkat, yakni 3-4 bulan. Meski demikian, penelitian lanjutan dalam skala besar masih dibutuhkan untuk melihat efek jangka panjangnya.

• Membantu mengelupas dan mencerahkan kulit

Eksfoliasi alami dengan rosehip oil dapat membantu mengurangi kulit kusam dan membuat kulit Anda lebih cerah. Hal itu lantaran rosehip oil mengandung vitamin A dan C. Vitamin A atau retinol, mendorong pergantian sel kulit. Vitamin C juga membantu regenerasi sel, dan meningkatkan kecerahan secara keseluruhan.

• Mencegah Stretch Mark

Rosehip oil juga membantu mencegah stretch mark yang kerap dialami oleh orang yang sedang hamil dan sesudah melahirkan. Hal ini dibuktikan dalam International Journal of Cosmetic Science. Meski demikian, tetap disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit jika ingin mengaplikasikan rosehip oil ini.

• Meningkatkan Imunitas Tubuh

Minyak rosehip kaya antioksidan serta asam lemak tidak jenuh, seperti asam linoleat. Senyawa ini sangat penting demi mencegah rusaknya membran sel kulit. Lapisan sel kulit yang baik dapat berperan sebagai “benteng” untuk mencegah masuknya bakteri dari kulit. Dalam penelitian pada hewan dan manusia, rosehip bubuk telah terbukti dapat meningkatkan kekuatan dan umur sel.

• Membersihkan make up

Manfaat rosehip oil untuk wajah yang mungkin tak Anda sangka-sangka adalah membersihkan make up, termasuk yang sifatnya waterproof sekalipun, seperti maskara, eyeliner, atau alas bedak. Minyak rosehip dapat membersihkan wajah tanpa membuat kulit kehilangan kelembapannya. Kulit Anda pun jadi tidak terasa kering atau, memunculkan tanda-tanda alergi. Mudah menyerap ke dalam kulit, membuat minyak rosehip tidak rentan menyumbat pori-pori. Bahkan, pemilik kulit berminyak dan rentan berjerawat disebut-sebut dapat menggunakan rosehip oil untuk membersihkan wajah.