Memilukan Tragedi Kanjuruhan hingga 125 Nyawa Hilang

Sekolahnews.com – Tragedi Kanjuruhan telah mencoreng nama sepakbola Indonesia. Kejadian ini telah menewaskan 125 orang. Kondisi stadion pun saat ini porak-poranda imbas dari kejadian itu.

Peristiwa itu terjadi usai laga Arema Fc vs Persebaya pada Sabtu (1/10/2022) malam. Kejadian diakibatkan para suporter berdesakan keluar stadion karena panik setelah tembakan gas air mata terlihat di mana-mana.

Big match tersebut berakhir pada pukul 22.04 WIB. Seperti pada laga-laga sebelumnya, usai laga, segenap pemain Arema berkumpul untuk menyapa Aremania di tribun.

Satu menit berselang, skuad Arema menuju ke ruang ganti. Namun sejumlah suporter turun ke lapangan. Menurut Kapolda Jatim Nico Afinta, ada 3 ribuan suporter yang turun ke lapangan.

“Kami juga ingin menyampaikan bahwa dari 40 ribu penonton yang hadir kurang lebih, tidak semuanya anarkis, tidak semuanya kecewa, hanya sebagian yaitu sekitar 3 ribuan yang masuk turun ke tengah lapangan. Sedangkan yang lainnya tetap di atas (tribun),” kata Nico, Minggu (2/10/2022).

Salah satu Aremania yang saat itu hadir, Rangga mengatakan bahwa suporter yang turun ke lapangan itu hanya ingin meluapkan kekecewaan mereka dengan cara speak up secara langsung kepada manajemen. Bukan melakukan penyerangan fisik kepada pemain.

“Kepingin meluapkan apa yang ada di hatinya. Yakpo kok iso kalah (kenapa kok bisa kalah) dalam pertandingan rivalitas. Dari situ, mulai terjadi ricuh. Dari polisi dan tentara turun ke lapangan semua untuk memukul mundur masa. Di situlah terjadi gepuk-gepukan antara Aremania dan Aparat,” tuturnya.

Pihak kepolisian mencoba mendorong suporter dari lapangan. Namun suporter yang turun malah lebih banyak.

Polisi menembakkan gas air mata pukul 22.09 WIB. Awalnya, gas air mata hanya ditembakkan di area lapangan.

Namun setelah itu, polisi menembakkan gas air mata ke arah tribun 11 dan 12. Gas air mata ditembakkan berulang kali.

Suporter di tribun panik. Mereka mulai bergerak menuju pintu keluar untuk menyelamatkan diri masing-masing.

Karena berdesak-desakan, banyak suporter terjatuh dan terinjak-injak. Sebagian juga terlihat pingsan. Mereka yang pingsan lalu dievakuasi oleh suporter lainnya ke luar stadion.

Tampak banyak suporter yang sudah terkapar pada pukul 22.30 dan sebagian dipastikan meninggal di lokasi sebelum dilakukan pertolongan. Ambulans datang silih berganti untuk mengangkut para korban ke sejumlah rumah sakit.

Selain itu, tampak sejumlah properti yang ada di stadion juga dibakar. Termasuk belasan mobil polisi dan truk brimob dirusak dan dibakar. Kini,kondisi dalam dan luar stadion tampak berantakan dan porak-poranda.(detik.com).