Mengenal Monday Blues, Hormon Ini Penyebabnya

Sekolahnews.comMonday Blues atau lebih dikenal dengan istilah Hari Senin yang burukatau ‘I Hate Monday,’ sejak lama menjadi momok tersendiri bagi orang-orang.

Untuk sains akan menjelaskan mengapa ada istilah I Hate Monday, padahal semua hari adalah waktu terbaik yang diberikan Tuhan pada manusia.

Dikutip dari berbagai literatur yang berkaitan dengan ilmu psikologi, dikatakan bahwa ‘ketidaksukaan orang terhadap hari Senin’ erat kaitannya dengan faktor disfungsi diskardian.

Dimana faktor disfungsi diskardian tersebut merupakan terkait juga dengan kurang tidur pada seseorang sehingga mengakibatkan penurunan fungsi kognitif, hormon terganggu, sampai aktivasi gen yang merugikan.

Namun, kebanyakn orang ternyata hal ini tidak menyadari perubahan tersebut sampai pada saat ia mencapai ambang intensitas tinggi layaknya orang yang mengalami insomnia dan jetlag.

Diketahui, ketika orang mengalani jetlag maka yang akan terjadi pada dirinya ialah siklus tidur dan bangun tidak selaras dengan siklus alamiah tubuh.

Hal tersebut mempunyai efek samping yang kurang menguntungkan pada sekumpulan hormon yang jadi kacau, sehingga tidak heran oran mengalami gangguan pada kognitif, emosi dan kelelahan fisik.

Diantara hormon yang ikut mempengaruhi situasi ini ialah hormon yang kartisol, yakni hormon yang mengatur stres.

Dimana pada hari Senin pagi, hormon kartisol akan memuncak pada saat satu sampai dua jam sebelum memulai aktivitas.

Namun kabar baiknya hormon tersebut akan menurun ketika Senin siangnya, dengan kata lain tubuh telah beradaptasi kembali dengan siklus alamiah tubuh.(kalderanews.com).