Mual Usai Berolahraga? Cek Penyebabnya

SekolahNews – Berolahraga memang bagus untuk tubuh dan pikiran, tentunya bila dilakukan dengan baik dan benar.

Namun, jika kamu tidak mengikuti aturan, maka bisa saja olahraga yang kamu lakukan menjadi sia-sia, bahkan menyebabkan mual. Banyak yang belum tahu penyebab timbulnya rasa mual sesudah berolahraga.

Seperti dilansir Liputan6.com, Rabu (16/10/2019), Penyebab mual setelah olahraga disebabkan oleh faktor kondisi tubuh dan olahraga yang dilakukan. Biasanya hal ini berkaitan dengan asupan makanan serta minuman. hal ini tentunya harus diperhatikan sehingga kamu bisa mencegah terjadinya mual setelah berolahraga.

Berikut penyebab mual setelah olahraga

Terlalu Banyak Konsumsi Makanan dan Minuman Sebelum Olahraga

Penyebab mual yang pertama adalah konsumsi makanan dan minuman yang terlalu banyak sebelum olahraga. Saat lambung menampung makanan dan cairan yang berlebihan sebelum olahraga, sistem pencernaan tidak mampu mencernanya dengan optimal.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memberi waktu jeda antara makan dan memulai olahraga. Setidaknya kamu menyediakan waktu sekitar 30 menit hingga 3 jam sebelum berolahraga, setelah kamu makan.

Selain itu, pastikan perut kamu tidak kosong sebelum berolahraga. Sebuah penelitian menyebutkan perut kosong menjadi penyebab rasa mual pasca berolahraga.

Sistem Pencernaan Kekurangan Darah Kaya Oksigen

Masih berkaitan dengan poin yang pertama, penyebab mual setelah olahraga berikutnya adalah sistem pencernaan kurang mendapatkan darah kaya oksigen. Hal ini akan sering terjadi saat kamu melakukan olahraga dengan intensitas yang terlalu tinggi.

Akibatnya, darah yang diedarkan ke perut dan usus tidak terlalu banyak, karena didistribusikan ke dalam otot untuk memasok oksigen dan nutrisi.

Oleh karena itu, jika kamu sering mengalami hal seperti ini, kamu harus bisa menyeimbangkan aliran darah ke seluruh tubuh. Caranya dengan melakukan olahraga berat yang berfokus pada satu bagian tubuh saja, sehingga bagian tubuh lainnya bisa rileks.

Kadar Gula Darah Rendah

Kadar gula darah yang rendah bisa menjadi salah satu penyebab mual setelah olahraga. Hal ini biasanya terjadi jika kamu menjalani olahraga dengan intensitas tinggi dalam waktu yang lama.

Hal ini tidak hanya menyebabkan mual setelah olahraga, namun juga bisa mengakibatkan gemetar, kelelahan, dan pandangan kabur saat sedang berolahraga.

Olahraga dengan Intensitas Tinggi

Olahraga yang intensitasnya terlalu tinggi juga bisa menyebabkan timbulnya rasa mual. Setiap orang memiliki kemampuan tubuh yang berbeda-beda dalam melakukan berbagai jenis olahraga. Hal ini berkaitan dengan tubuh yang telah terbiasa atau belum.

Semakin keras kerja otot kamu, maka kebutuhan oksigen juga akan semakin banyak. Maka, disinilah perlunya melakukan pemanasan sebelum berolahraga, dan jika belum terbiasa olahraga, lakukan olahraga ringan dengan durasi singkat agar tubuh terbiasa.