PSSI Kembali Bicara Target Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2023

Target tinggi masih dibebankan PSSI kepada Timnas Indonesia U-19 yang kelak akan berganti nama menjadi Timnas Indonesia U-20. Federasi sepak bola di Tanah Air itu ingin Skuad Garuda Muda bisa melaju ke babak perempat final Piala Dunia U-20 2023.

Pesta sepak bola level usia terakbar di dunia itu akan berlangsung pada Mei tahun depan. Timnas Indonesia U-20 bakal berstatus sebagai tuan rumah.

“Saya targetnya mau sebagus mungkin. Sebab, Pak Presiden Jokowi menyampaikan kepada saya selaku ketua tim peningkatan prestasi,” ujar Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, saat acara pelepasan Timnas Indonesia U-19 ke Korea Selatan, di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Jumat (11/3/2022) malam.

“Waktu rapat di Istana Kepresidenan, beliau bilang ‘Pak Ketua PSSI, jangan hanya bagus penyelenggaraan saja, tapi prestasi juga harus bagus’ begitu.”

“Kebetulan, hanya cabang olahraga sepak bola saja yang pernah rapat di Istana Kepresidenan. Sampai rapat empat kali,” tambah pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Ini merupakan kali pertama Timnas Indonesia U-20 tampil di Piala Dunia U-20. Kali pertama juga pesta sepak bola level usia terakbar di dunia itu berlangsung di Tanah Air.

Sebagi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, pasukan Merah Putih tidak perlu lagi berjuang dari babak kualifikasi. Tim asuhan Shin Tae-yong itu bisa langsung menembus putaran final.

“Baru sekali dalam sejarah Indonesia merdeka, dalam PSSI berdiri sejak 1930 sampai sekarang sudah 92 tahun, Piala Dunia U-20 ada di Indonesia. Kalian pemainnya,” ucap Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan.

“Kalau kalian berprestasi, kalian tercatat dalam sejarah. Kalian masuk, insyaallah delapan besar. Waduh. Kalau masuk delapan besar, kami berharap boleh saja,” imbuh mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Adapun, Timnas Indonesia U-19 berangkat ke Korea Selatan untuk menjalani pemusatan latihan (TC) sekaligus rangkaian laga uji coba buat persiapan Piala Dunia U-20 2023. Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan akan berada di Negeri Ginseng hingga 15 April 2022.

(Bola)