Sejarah Hari Ini 18 November

Sekolahnews.com — Peristiwa penting dan sejarah terjadi hampir tiap waktu. Begitu pula pada 18 November banyak peristiwa penting atau pun sejarah yang tercipta.

Dibawah ini beberapa peristiwa penting dan sejarah yang sudah dirangkum Sekolahnews dari berbagai sumber:

1912 – Berdirinya Muhammadiyah

Salah satu organisasi berbasis keagamaan terbesar di Indonesia, Muhammadiyah, didirikan pada 18 November 1912.

Baca juga: Sejarah Berdirinya Google

Muhammadiyah didirikan oleh Kiai Haji Ahmad Dahlan di Kampung Kauman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nama organisasi ini diambil dari nama Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, sehingga Muhammadiyah juga dapat dikenal sebagai orang-orang yang menjadi pengikut Rasulullah.

Muhammadiyah banyak merefleksikan ajaran-ajaran agama Islam yang ada di kitab suci Alquran.

Gerakan Muhammadiyah berciri semangat membangun tata sosial dan pendidikan masyarakat yang lebih maju serta terdidik.

1963 – Kelahiran Peter Schmeichel
Peter Schmeichel (dok. Twitter@utdarena)

Peter Bolesław Schmeichel, lahir di Gladsaxe Copenhagen, Denmark 18 November 1963,  adalah salah satu mantan pemain sepak bola yang berposisi sebagai penjaga gawang tersukses dalam sejarah Manchester United dan Denmark.

Terpilih sebagai Penjaga Gawang Terbaik Dunia tahun 1992 dan 1993, Schmeichel merupakan kunci sukses Denmark pada Piala Eropa 1992.

Baca juga: Siapa Pribumi Asli Indonesia yang Sebenarnya? Sejarah Telah Menjawab!

Ia juga ikut serta dalam mempersembahkan The Treble bagi Manchester United ketika memeperoleh juara di Liga Champions, Liga Premier Inggris dan Piala FA pada periode 1998-1999, ketiga piala tersebut dipersembahkannya sebagai ‘kado perpisahan’ dengan Manchester United.

1918 – Latvia Merdeka dari Rusia
Bendera Republik Latvia (dok. Pixabay)

Republik Latvia pada 18 November 1918 resmi mengumumkan telah merdeka dari Kekaisaran Rusia. Kemerdekaan itu diakui pada 26 Januari 1921.

Sayangnya pada 5 Agustus 1940 wilayah Latvia diduduki oleh Uni Soviet. Kemudian pada 10 Juli 1941 diduduki Jerman Nazi.

Berlanjut pada 1944 kembali dikuasai Soviet. Hingga akhirnya Latvia mendapat kemerdekaan lagi pada 4 Mei 1990. Lalu pemulihan kemerdekaan pada 21 Agustus 1991.

Baca juga: Sejarah Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar)

Latvia sendiri berada di kawasan Baltik, Eropa Utara. Latvia berbatasan dengan Estonia di utara, dengan Lithuania di selatan, dengan Rusia di timur, dengan Belarus di tenggara, dan berbagi perbatasan bahari dengan Swedia di barat.

Penduduk Latvia berjumlah 2.070.371 orang. Luas wilayahnya 64.589 kilometer persegi. Latvia adalah salah satu negara berpenduduk sedikit dan jarang di Uni Eropa.

Pusat pemerintahannya berada di Kota Riga. Bahasa resminya adalah bahasa Latvia dan satuan mata uangnya adalah Lats (Ls).

sumber: wikipedia dan Okezone