19 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan

Sekolahnews.com – Siapa bilang memulai hari dengan berolahraga itu melelahkan? Pagi hari di mana udara masih sejuk adalah waktu yang cocok untuk berolahraga, terutama jika Anda ingin melakukan olahraga di luar ruangan seperti lari pagi.

Apa saja manfaat lari pagi bagi kesehatan? Berikut manfaatnya seperti yang dilansir dari honestdocs.id :

1. Jantung Sehat

Selain otot-otot kaki yang bekerja, jantung juga akan giat dalam memompa darah dalam rangka memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen bagi otot-otot yang digunakan untuk berlari.

Baca juga: 5 Olahraga Ini Jadi Favorit Milenial

Jika lari pagi menjadi rutinitas, maka jantung akan terlatih untuk terus bekerja dengan baik sehingga statusnya menjadi lebih sehat dibanding jantung yang tidak terlatih.

2. Mengatasi Hipertensi

Olahraga kardio seperti lari pagi bermanfaat menjaga pola detak jantung. Jika sudah demikian, maka tekanan darah menjadi lebih normal dan detak jantung menjadi teratur.

Bagi penderita hipertensi atau darah tinggi memang tidak diperkenankan untuk melakukan olahraga berat yang terlalu memacu kerja jantung, seperti lari cepat, sepak bola, dan sebagainya.

Namun para pakar menyarankan agar mulai membiasakan lari pagi dengan catatan lari tidak boleh cepat-cepat.

3. Paru-paru Sehat

Udara terbersih dengan kandungan oksigen tertinggi adalah di pagi hari, saat kita lari pagi otomatis kita akan mendapatkannya.

Terlebih ketika kita berlari, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dengan cara meningkatkan frekuensi nafas dan terhiruplah lebih banyak udara kaya oksigen ke dalam paru-paru. Tentu hal ini akan membuat paru-paru menjadi lebih sehat.

4. Pernafasan Sehat

Atas dasar seperti di atas, saluran pernafasan lainnya juga menjadi lebih sehat, terutama bagi mereka yang memiliki masalah atau penyakit saluran nafas seperti asma, PPOK, bronkhitis, dan lain-lain.

Hal ini juga ditunjang oleh sebuah penelitian yang melibatkan para penderita asma, mereka dianjurkan untuk lari pagi, yaitu berlari rutin tiap minggunya selama 3 bulan.

5. Otot Kuat dan Sehat

Ketika otot-otot kaki digunakan untuk lari pagi, maka dia akan beradaptasi, membentuk massa yang lebih padat, lebih banyak cadangan energinya, dan tentu saja menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Namun ketika rutinitas lari pagi tidak dilanjutkan, maka otot akan kembali seperti semula.

Baca juga: Begini Cara Mencegah Mual Usai Berolahraga

6. Otot tidak Gampang Sakit

Manfaat lari pagi membuat tubuh kita bergerak aktif yang baik untuk proses metabolisme tubuh juga baik untuk membuat persendian tulang terlumasi dengan baik.

Dalam kondisi seperti ini, juga akan membuat aliran darah menjadi lancar sehingga rasa nyeri dapat dihindari dan dapat diatasi. Jika saat ini Anda mengeluh pegal-pegal, maka cobalah untuk melakukan lari pagi secara perlahan dan rasakan manfaatnya.

7. Tulang Kuat dan Sehat

Lari pagi adalah olahraga yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tulang, tidak hanya gerakan yang merangsang tetapi juga sinar matahari pagi yang merupakan sumber vitamin D alami yang juga baik untuk tulang yang lebih padat, kokok, dan sehat.

Universitas Missouri melakukan penelitian dengan membandingkan kepadatan tulang dari pelari dan para pesepeda. Hasilnya 63 % pesepeda memiliki kepadatan tulang yang kurang baik dibanding para pelari yang hanya 19%.

Hal ini memiliki makna meskipun manfaat bersepeda juga baik bagi tulang, namun tetap para pelari memiliki kepadatan tulang lebih baik dibanding para pesepeda.

8. Baik untuk Tulang Kaki, Panggul, dan Punggung

Manfaat lari pagi juga turut merangsang regenerasi sel-sel tulang untuk menjadi lebih padat dan kuat, terutama tulang-tulang yang ikut bergerak seperti tulang panggul, tulang punggung, paha, tungkai bawah dan tulang kaki.

Lebih khusus lagi, di saat kita berlari, bagian kaki menjadi tumpuan tubuh, maka dari itu tulang kaki akan terlatih untuk lebih kuat sehingga tidak mudah patah.

9. Mencegah Rematik

Lari pagi membuat kita aktif menggerakkan kedua kaki pinggul, dan tangan. Gerakan itu membuat otot menjadi lebih lentur, mengurangi ketegangan, membuat persendian menjadi terlumasi dengan baik dan menguatkan tulang. Para pakar sepakat manfaat lari pagi akan membantu mengatasi penyakit rematik.

10. Mengatasi Sembelit

Gerakan otot-otot saat berlari juga menggerakkan otot-otot bagian perut, dan juga memacu pergerakan usus. Kabar baik bagi mereka yang memiliki masalah susah buang air besar, ada cara alami untuk mengatasinya yaitu dengan lari pagi.

11. Mencegah Kanker Usus

Kebiasaan membuang air besar secara teratur setiap hari, dapat mencegah kanker usus karena kotoran terbuang teratur.

Baca juga: Mual Usai Berolahraga? Cek Penyebabnya

Studi terbaru yang dilakukan di British journal of cancer menemukan bahwa dengan aktif lari pagi selama 5-6 jam dalam seminggu akan membuat resiko kanker usus berkurang hingga 24 %. Karena manfaat lari pagi yang dapat melancarkan buang air besar.

12. Membakar Kalori

Tubuh kita memiliki cadangan energi berupa glikogen di otot, di hati, dan lemak. Semuanya di dapatkan melalui makanan, jika tidak digunakan energi berlebih dari makanan akan menjadi jaringan lemak. Lari pagi merupakan salah satu solusi mengurangi jaringan lemak.

13. Mencegah Diabetes

Olahraga, dalam hal ini lari pagi, memiliki manfaat meningkatkan sensitifitas sel terhadap insulin sehingga akan menjaga agar gula darah selalu dalam kadar yang normal. Penelitian menemukan bahwa dengan berlari di pagi hari bisa mengurangi resiko diabetes hingga 5%.

14. Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaatkan pagi hari untuk berlari ringan dengan udara yang segar dan suasana damai, seolah Anda akan membangkitkan setiap organ di dalam tubuh. Anda akan mendapatkan energi dan modal stamina untuk menunjang aktifitas seharian di hari yang sama.

15. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat kita berlari maka metabolisme tubuh akan meningkat, dan kondisi ini juga akan memicu pertumbuhan sel-sel pertahanan tubuh. Pembentukan sel-sel imun tersebut sangat baik dalam membantu tubuh kita manangkal serangan-serangan mikroorganisme jahat seperti virus, bakteri, parasit, jamur, dan sebagainya yang sering membuat seseorang mudah sakit. Oleh sebab itu, dengan kebiasaan lari pagi ini, tubuh menjadi semakin kuat dan tidak mudah sakit.

16. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ini merupakan manfaat lari pagi yang tidak banyak diketahui, namun pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa para penderita insomnia yang di latih agar rutin melakukan lari pagi berhasil membuat mereka bisa cepar tidur, 17 menit lebih cepat.

Selain itu mereka juga mengaku merasa tidur lebih nyenyak dari biasanya. Manfaat lari pagi ini tentu bisa menjadi referensi bagi anda yang mengalami masalah susah tidur agar Anda bisa tidur lebih cepat dan bangun lebih segar.

17. Mencegah Demensia

Dalam sebuah Jurnal American Geriatrics Society diungkapkan bahwa wanita yang memiliki rutinitas lari pagi sejak remaja akan mengurangi resiko kepikunan (demensia) di saat usia senja.

Baca juga: Jangan Malas, Ini 5 Manfaat Berolahraga Meskipun Sedang Datang Bulan

Studi lain yang dilakukan pada tahun 2012 menemukan bahwa manfaat lari pagi mampu meningkatkan fungsi otak terkait kemampuan konsentrasi dan daya ingatnya.

18. Mencegah Impotensi

Hasil penelitian yang menemukan bahwa 3000 kalori per minggu yang di bakar dari aktivitas lari pagi bisa membuat disfungsi ereksi bisa di atasi, dengan efektifitas hingga 83%.

19. Panjang Umur

Begitu banyak manfaat lari pagi yang bisa diperoleh bagi mereka yang rajin melakukannya, dengan segudang manfaat ini tentu saja akan membuat seseorang meningkat status kesehatannya sehingga akan memiliki umur yang lebih panjang. 

Demikianlah pemikiran rasional manusia, namun sesungguhnya umur seseorang sudah ditetapkan oleh-Nya.

Demikian artikel tentang 19 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat!