Sekolah ini Gunakan E-Voting pada Pemilihan Pengurus OSIS

SekolahNews — Sekolah SMA dan SMK Budhi Warman 2, Jakarta Timur. Sekolah yang berlokasi di Pekayon, Jakarta Timur ini sudah tidak menerapkan sistem pemilihan manual.

Pemilihan pengurus Osis melalui sistem e-voting menggunakan smart card pada tanggal 28/10/19, seperti yang dikutip dari kompas.com. Pencetus ide ini adalah bapak Yogi Adi Nugroho, guru bidang komputer.

Baca juga: Sobat OSIS, Bikin Kegiatan Kece Kuys!

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan agenda tahunan yang biasa digelar sekolah. OSIS bisa dibilang merupakan organisasi pertama yang mengajarkan para siswa untuk belajar mengorganisir anggota, wadah kreatif siswa bahkan hingga berpolitik. Proses pemilihan umum para pengurus Osis juga merupakan bagian dari politik dan demokrasi.

Praktik pemilu menggunakan tekonolgi digital ini awalnya muncul dari keresahan pengurus atau panitia pemilu yang terdiri dari pembina serta anggota OSIS lainya. Mereka resah dengan sistem Pemilu dengan kertas dan paku yang dinilai tidak praktis, memakan waktu, dan biaya yang besar.

Yogi mencari cara untuk meninggalkan cara manual tersebut. “Sistem yang kita ambil itu terinspirasi dari punya Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologinya (BPPT) yang sudah diberlakukan untuk pemilihan di Pilkades di suatu desa di wilayah Bogor.

Baca juga: Serunya Peringatan Sumpah Pemuda di SMAN 93 Jakarta

Kepala sekolah SMA Budhi Warman 2, Pardi Supardi mengatakan, pihaknya sangat mendukung pemberlakuan sistem digital pada pemilihan pengurus Osis di sekolahnya.

Dia menilai, hal tersebut agar siswa terbiasa dengan kemajuan teknologi di kehidupan nyata. Dia meyakini, pemerintah cepat atau lambat akan memberlakukan sistem penggunaan satu kartu untuk kemudahan dalam beraktivitas sehari-hari.

“Tentunya kita mau siswa kita terbiasa dengan teknologi. Supardi berharap penerapan teknologi smart card bisa terus dikembangkan dan bisa menjadi contoh untuk sekolah lain di Indonesia.

Keren ya guys!