SELAMAT HARI DONGENG NASIONAL

Sekolahnews.com – “Awal Yang Baru” menjadi tema Hari Dongeng Sedunia 2021 ditengah masa pandemi!

Bersama komunitas dan para pendongeng di dunia, Ayo Dongeng Indonesia merayakan kembali Hari Dongeng Sedunia (World Storytelling Day) dengan tema “Awal Yang Baru” (New Beginning). Peringatan Hari Dongeng Sedunia tahun ini akan digelar pada hari Sabtu, 20 Maret 2021 langsung dalam jaringan Youtube Ayo Dongeng Indonesia, Zoom, dan Instagram @ayodongeng_ind

Hari Dongeng berawal dari hari Nasional Mendongeng di Swedia, sekitar tahun 1991-1992. Pada saat itu kegiatan ini bernama “Alla Beratteres Dag” (All Storytellers Day) atau berarti Hari Pendongeng. Setelah itu para pedongeng di Perth, Australia mengadakan peringatan serupa bernama Celebration of Story pada 20 Maret 1997 yang juga dikenal sebagai hari International Day of Oral Narrators. Di waktu yang bersamaan, di Meksiko dan beberapa negara di Amerika Selatan memperingati tanggal 20 Maret 1997 sebagai Hari Dongeng Nasional. Maka sejak saat itu dunia telah sepakat setiap tahunnya di tanggal 20 Maret sebagai Hari Dongeng Internasional.

Hari Dongeng Sedunia tahun ini, komunitas Ayo Dongeng Indonesia berharap dapat menyampaikan semangat positif menyambut “Awal yang Baru” dalam masa pandemi ini, melalui cerita-cerita rakyat nusantara bagi anak-anak dan keluarga atau penikmat dongeng di Indonesia maupun manca negara, memenuhi rasa rindu akan cerita-cerita dari negeri kita sendiri dan memperkenalkannya kepada anak-anak Indonesia dan dunia. Satu cerita dibagi, senilai satu tradisi, melampaui generasi.

“Awal yang Baru” menjadi tema kita tahun ini. Harapannya “Awal yang Baru” ini berarti peluang dan harapan-harapan baru untuk kehidupan di masa yang akan datang. Memulainya dengan semangat dan hidup yang lebih seru. Semoga apa yang sudah kita lewati bisa menjadi bekal untuk menyambut hal baik dan menarik di masa yang akan datang. Tentunya bersama keluarga, saling menciptakan ruang hangat dan rasa cinta yang hebat,” ungkap Kurniawati Yuli Pratiwi atau yang lebih dikenal sebagai Kak Tiwi, Ketua Umum komunitas Ayo Dongeng Indonesia!

Dalam rangka merayakan Hari Dongeng Sedunia 2021, Ayo Dongeng Indonesia kembali mengadakan Tantangan Dongeng bagi adik – adik yang berani membawakan cerita – cerita rakyat sesuai dengan ketentuan, dan pemenangnya berkesempatan tampil di acara Dongeng Kejutan pada tanggal 20 Maret. Di sore hari akan disuguhkan pertunjukan Dongeng Kejutan Kecil, yakni pertunjukan dongeng duet antara orang tua dan anak, dan menutup kegiatan Hari Dongeng Sedunia tahun 2021, akan ada English Storytelling Showcase , cerita – cerita rakyat yang disuguhkan oleh para pendongeng dalam bahasa Inggris ini diharapkan dapat di nikmati oleh pendengar tidak hanya di Indonesia tetapi juga manca negara.

Rangkaian acara yang akan kami sajikan sesuai jadwal sebagai berikut :

1. Tantangan Mendongeng (Storytelling Challenge)

Mulai tanggal 15 – 19 Maret 2021 di akun Instagram @AyoDongeng_Ind

2. Dongeng Kejutan Pagi (Pertunjukan Dongeng)

Pertunjukan Dongeng melalui IG Live dan Streaming YouTube. Sabtu, 20 Maret 2021, Pukul 09:00-12:00 WIB

3. Dongeng Kejutan Kecil (Pertunjukan Dongeng)

Pertunjukan Dongeng melalui IG Live dan Streaming YouTube. Sabtu, 20 Maret 2021, Pukul 16:00-17:30 WIB

4. English Storytelling Showcase (Pertunjukan Dongeng Berbahasa Inggris)

Pertunjukan Dongeng melalui IG Live dan Streaming YouTube. Sabtu, 20 Maret 2021, Pukul 19:00-21:00 WIB

Tahun ini peringatan Hari Dongeng Sedunia dimeriahkan banyak sekali pendongeng, diantaranya kak Yanie, kak Tiwi, kak Lisa, kak Fadila, kak Pipi, kak Bie, kak Kiky, kak Putri, kak Nami, kak Dita, dan kak Wanda. Ada pula pertunjukan dongeng duet spesial orang tua dan anak, diantaranya kak Budi dan Shaima, kak Ana dan Aubrey, kak Tessar dan Bintang, kak Rika dan Aaliyah, kak Bonchie dan Ammara, dan yang terakhir kak Hendra dan Emily. Selain dongeng ada juga pertunjukan musik dari kak Zack dan kak Kanya. Enam orang MC akan memandu acara Hari Dongeng Sedunia selama satu hari penuh, yaitu kak Bonchie, kak Hendra, kak Aio, kak Widi, kak Nia, dan Pippo.

Hari Dongeng Sedunia 2021 secara penuh didukung oleh Erlangga for Kids, Parenting is Easy, Roots, dan Loading Squad.id, dan juga mitra media kami yaitu Metro TV, Media Indonesia, Koran Jakarta, Noura Publishing, dan Parentalk.id.

Tentang Ayo Dongeng Indonesia

Ayo Dongeng Indonesia (AyoDI) adalah komunitas sosial yang berkomitmen pada kampanye kegiatan mendongeng bagi anak di Indonesia untuk keceriaan, inspirasi, motivasi dan pengembangan imajinasi. Komunitas ini berisi orang-orang yang senang dunia anak dan dongeng, dengan visi ingin menggiatkan kembali kegiatan mendongeng di rumah, sekolah, dan komunitas. Sejak berdiri pada 2011, komunitas ini sudah memiliki sekitar 50 relawan aktif dan lebih dari 200 relawan pendukung yang siap mengampanyekan dongeng yang baik dalam kehidupan sehari-hari keluarga Indonesia. Semangat AyoDI juga telah berhasil ditularkan sehingga mempelopori berdirinya berbagai komunitas dongeng di beberapa kota seperti Yogyakarta, Bogor, Bandung, Malang, dan Surabaya.

Komunitas Ayo Dongeng Indonesia! berbasis kerelawanan, terbuka, dan tidak berafiliasi dengan golongan, agama, atau partai politik apa pun.

Keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi RR. Prima Purnama Sari (Roro), MedComm & Partnership Ayo Dongeng Indonesia di nomor telepon 0878.8809.6919 atau email medcomm.fdii@gmail.com .