Tanaman Anggrek Vanda Mokara

Anggrek Vanda Mokara merupakan hibrida persilangan antar generik arachnis, ascocentrum dan vanda.

Mokara memiliki batang yang panjang dan dapat menghasilkan 10 bunga per batang. Bentuk bunganya mirip bintang laut, Mokaras populer dalam karangan bunga pernikahan. Anda dapat memotong batang mekar panjang dan menempatkan mereka di vas air.

Cara merawat anggrek vanda mudah sekali tumbuh dan tak sulit merawatnya. untuk jenis anggrek satu ini memang memiliki bentuk bunga sangat cantik sekali yang memiliki ukuran mencapai 5 cm. Anggrek vanda ini telah ditemukan sejak puluhan tahun yang lalu. Masa mekar anggrek mokara bisa dikatakan paling lama jika dibandingkan dengan jenis anggrek yang lain.

Anggrek vanda butuh sinar matahari penuh selama lebih dari 6 jam dan temperatur antara 18-35 derajat celcius dengan kelembapan 60-80 persen di siang hari. Hal ini untuk meyegarkan tanaman, kemudian dapat diulang kembali spray akar pada sore hari sebelum senja. Untuk tempat pemeliharaan anggrek vanda yang kurang baik sirkulasi udaranya, dapat dipasang kipas angin. Diusahakan kawat gantungannya cukup panjang (50 cm), yang mana dapat menopang pertumbuhan, sehingga daunnya tidak mengalami gangguan.

Untuk memperpanjang kehidupan mereka ketika menggunakannya dalam dekorasi, Anda dapat memotong kembali batang bawah air oleh ¼ inci setiap 3 hari dan ganti air di vas dengan air hangat sampai itu diisi dekat tepi vas. Suhu yang paling cocok untuk Mokara adalah antara 10º – 38ºC.