Teh pisang: Sudah mencoba teh unik ini?

Teh pisang kian populer di seluruh dunia karena berbagai manfaatnya bagi kesehatan, khasiatnya yang menenangkan, dan rasanya yang agak manis.Terbuat dari pisang, air panas, dan madu, teh ini sarat dengan nutrisi seperti antioksidan, potasium, dan magnesium, yang mencegah kembung dan menyehatkan sistem kardiovaskular.Minuman tersebut juga membantu penurunan berat badan dan dianjurkan agar diminum sebelum tidur sehingga tidur lebih nyenak.

Apa itu teh pisang?

Teh pisang bisa dibuat dengan atau tanpa kulitnya. Kalau Anda membuatnya dengan kulit pisang, maka namanya teh kulit pisang.Teh kulit pisang mengandung kadar serat yang tinggi dan pembuatannya butuh waktu lebih lama dibandingkan teh yang dibuat tanpa kulit pisang.Teh pisang biasanya dibuat dengan merebus pisang utuh dalam air panas.

Kandungan nutrisi teh pisang

Karena menggunakan pisang utuh, teh sehat ini mengandung nutrisi-nutrisi larut air yang terdapat pada pisang seperti mangan, tembaga, magnesium, vitamin B6, dan kalium.Minuman ini juga mengandung vitamin A dan C beserta zat besi dan kalsium.Satu pisang berukuran sedang menawarkan 105 kalori dengan 27 gram karbohidrat, satu gram protein, tiga gram serat, dan 14 gram gula sehingga sangat menyehatkan.

Manfaat teh pisang untuk kesehatan

Sarat dengan potasium, pisang membantu mengatur keseimbangan cairan dan kontraksi otot serta menjaga tekanan darah yang sehat.Buah ini juga mencegah kembung, melancarkan pencernaan, dan menyehatkan mata.Pisang juga mendukung tidur yang lebih nyenyak karena sifat relaksasi ototnya. Buah berwarna kuning itu juga menunjang kesehatan jantung serta mengurangi risiko strok dan serangan jantung.Rendah gula, teh pisang adalah pengganti yang bagus untuk minuman-minuman manis.

Resep teh pisang

Rebus dua-tiga gelas air. Kupas satu pisang ukuran sedang dan potong kedua ujungnya.Tambahkan pisang ke air mendidih lalu didihkan selama 5-10 menit setelah mengecilkan api.Tambahkan madu atau kayu manis ke teh untuk menambah rasa.Keluarkan pisang, tuangkan teh ke cangkir dan sajikan dalam keadaan hangat.Kita juga bisa membuat teh ini dengan menyertakan kulit pisang.