Termotivasi Bantu Ibu, Lulusan SMK Ciptakan Robot Pembuat Telur Dadar

SekolahNews — Purworejo, Tak tega melihat ibunya kepayahan membuat telur dadar dalam menjalankan usahanya, Agung Budi Wibowo, pemuda asal Desa Kedungkarang Dalam, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menciptakan sebuah robot mini pembuat telur dadar.

Robot ciptaan alumni smkn 1 purworejo angkatan 2019,dibuat berdasarkan tutorial di internet. Robot yang dinamai “Egg Filling Robot” ini menggunakan baterai 4,2 volt sebanyak 2 buah yang bisa bertahan selama dua minggu.

Baca juga: Siswi SMA Ini Ciptakan Antiseptik dari Limbah Kapuk Randu
Baca juga: SICO, Bilik Penyemprot Virus buatan Mahasiswa Brawijaya

“Kalau alat-alatnya cuma yang casing saya cetak dari akrilik, kalau motor penggerak itu pakai motor serfo, dan otak menjalankan program pakai microcontroller,” ujar Agung, mengutip AntaraTV, Kamis (20/2/2020).

Pembuatan robot pembuat telur dadar ini menghabiskan biaya Rp 1,5 juta. Sedangkan biaya untuk penggandaan robot sebesar Rp 250.000-Rp 300.000.

“Kalau beluma ada robot, saya pakai tangan. Terus mata saya enggak kelihatan, jadi dekat sekali. Kalau sekarang pencet sekali, tangan robot tersebut akan berkeliling memenuhi wadah untuk memasak telur dadar” ujar Praptining, merasa terbantu dengan robot mini yang diciptakan anaknya.