Ternyata Liburan Penting Juga untuk Kesehatan

Sekolahnews.com – Akhir pekan menjadi waktu dimana Anda bisa menghabiskan waktu untuk beristirahat. Saat merasa penat dengan rutinitas, kebanyakan orang mungkin akan berpikir untuk berlibur

Selain bisa membantu menyegarkan kembali pikiran, liburan juga ternyata dapat membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut sejumlah manfaat liburan yang belum banyak orang tahu, dirangkum Halodoc, diantaranya.

1. Menurunkan Risiko Depresi

Rutinitas sehari-hari terkadang tidak hanya akan memunculkan kelelahan secara fisik, tetapi juga mental. Stres yang berujung pada depresi menjadi masalah yang umum terjadi pada mereka yang mengalami kelelahan dengan rutinitas sehari-hari.

Apalagi bagi mereka yang jarang memiliki kesempatan untuk liburan. Hal ini pun dibuktikan melalui penelitian di Wisconsin.

Penelitian itu menemukan risiko depresi tinggi ditemukan pada orang yang melakukan liburan kurang dari dua tahun sekali. Bahkan, melakukan kegiatan rekreasi dan liburan secara signifikan dapat meningkatkan emosi positif seseorang.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Selain kesehatan mental, liburan juga baik untuk kesehatan fisik. Salah satunya adalah meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh. 

Prof. Fulvio D’Acquisto, seorang peneliti dalam bidang imunitas, pun berpendapat. Ia mengatakan bahwa suatu lingkungan yang baru dan menyenangkan dapat menstimulasi sistem imun untuk bekerja lebih baik.

Sebab lingkungan yang menyenangkan dapat meningkatkan kadar sel darah putih. Dan hal itu berguna untuk melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit. 

3. Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

Percaya tidak kalau liburan dapat membantu Anda terhindari dari berbagai risiko penyakit kardiovaskuler? Melalui sejumlah penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa orang yang berlibur secara rutin memiliki risiko lebih kecil untuk terserang penyakit.

Termasuk pada penyakit jantung koroner atau penyakit kardiovaskuler lainnya. Hal ini dikarenakan liburan dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi yang dipicu oleh stres.

4. Menjaga Bentuk Badan Ideal

Bagi orang yang lebih suka memilih liburan yang banyak melibatkan aktivitas fisik, momen liburan menjadi saat yang tepat. Seperti naik gunung, dimana dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar. 

Jika dilakukan secara rutin, liburan semacam ini pun bisa menjadi cara olahraga yang menyenangkan. Dan juga dapat membuat dan menjaga bentuk tubuh tetap ideal.

5. Waktu untuk Istirahat Maksimal

Kata siapa waktu liburan harus dihabiskan dengan bepergian? Berdiam dan menenangkan diri di rumah juga bisa disebut sebagai liburan.

Terutama bagi Anda yang selama ini memiliki segudang aktivitas yang menyita waktu tidur. Liburan dapat menjadi saat yang tepat untuk tidur dan beristirahat sepuasnya.(rri.co.id).