Tips Memilih Cat yang Cocok untuk Plafon Kamar Mandi

Mengecat area langit-langit atau plafon harus dilakukan dengan baik dan teliti agar cat rata dengan sempurna di permukaan plafon. Terlebih, ketika permukaan plafon yang ingin dicat adalah area kamar mandi yang memiliki ruang relatif kecil.

Oleh karena itu, memilih jenis cat yang tepat, dapat menjadikan perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. Berikut jenis cat terbaik untuk pengecatan plafon kamar mandi dikutip dari beberapa sumber.

Pilih cat berkualitas tinggi

Pilih cat berkualitas tinggi untuk pekerjaan penting ini, sebaiknya pilih cat akrilik yang memiliki daya cepat kering daripada cat berbasis minyak.

Untuk memastikan Anda mendapatkan perlindungan terbaik, carilah merek yang menawarkan “cat khusus kamar mandi” yang dikembangkan secara khusus dengan bahan-bahan seperti mildewcide.

Sementara itu, dilansir Homes and Gardens, idealnya, pilih formula yang dibuat khusus untuk lingkungan yang lebih beruap untuk menghindari gelembung dan pengelupasan dan cat untuk kamar mandi dan dapur sering diformulasikan secara khusus.

Banyak produsen menawarkan hasil akhir yang berkilau rendah yang tahan jamur dan dapat dicuci.

Pilih cat semigloss

Cat kamar mandi perlu memberikan perlindungan dari kelembapan yang mengarah pada pewarnaan, menggelembung, dan pengelupasan.

Baik Anda mengecat dinding, langit-langit, atau lemari, pilihannya adalah cat dengan hasil akhir semigloss. Lapisan semigloss tahan lama, dapat dicuci, dan tahan jamur.

Langit-langit khususnya cenderung akan ditumbuhi jamur dan lumut, karena tidak dibersihkan sesering area kamar mandi yang lebih mudah dijangkau.

Pengecatan ulang

Ketika cat sudah lama dan memudar, saatnya untuk pengecatan ulang. Hal terpenting yang perlu diketahui tentang menyiapkan kamar mandi untuk mengecat adalah bahwa plafon harus 100 persen kering sebelum memulai.

Jangan pernah menggunakan pancuran sebelum mengecat plafon kamar mandi. Setelah mandi, biarkan pintu dan jendela terbuka dan nyalakan exhaust fan. Menunggu 24 jam adalah pilihan paling aman.

Direkomendasikan juga penggunaan primer di kamar mandi karena kelembapan yang berasal dari pancuran. Bila primer tidak digunakan terlebih dahulu, cat bisa berakhir mengelupas.

Cari primer tahan lembap yang dibuat untuk kamar mandi. Primer dan cat diaplikasikan dengan cara yang hampir sama. Celupkan kuas cat ke dalam wadah dan mulailah melapisi primer di mana plafon bertemu dengan dinding.

Mulailah dari garis plafon dan sikat sekitar 5 hingga 7cm ke bawah. Anda dapat menyelesaikan pengecatan plafon dengan roller cat, bekerja dari sudut ke dalam. Bekerja perlahan, terutama jika Anda berdiri di tangga. Biarkan primer benar-benar kering sebelum melanjutkan ke cat.