Manfaat Busy Book Untuk Motorik Anak

Apakah kamu sudah mengenal busy book? Dikutip dari Parenting First Cry, busy book adalah jenis buku yang dirancang khusus untuk melatih keterampilan anak di usia bayi, batita, balita atau bahkan prasekolah.

Buku ini berisi berbagai jenis kegiatan edukatif yang dikemas secara menyenangkan sesuai usia anak. Agar aman, biasanya busy book terbuat dari bahan kain flanel dengan warna-warni menarik.

Busy book kini semakin populer karena sesuai namanya, buku ini dapat membuat anak ‘sibuk’ bermain dan belajar berbagai hal melalui permainan yang ada di dalamnya. Inilah yang membuat banyak orang tua mulai menggunakan busy book. Namun, sebesar apa sih manfaat dari busy book terhadap tumbuh kembang anak?

Manfaat Busy Book untuk Anak

  • Meningkatkan keterampilan motorik halus
  • Memperkenalkan angka, warna, dan bentuk
  • Membantu anak belajar tentang pemecahan masalah
  • Melatih anak memahami permainan pura-pura atau imajinatif
  • Melatih anak memahami konsep memilih dan mencocokkan
  • Menjadi tempat belajar bereksplorasi tentang hewan dan alam

Kapan Anak Bisa Diperkenalkan dengan Busy Book?

Seperti dikatakan sebelumnya, busy book tidak hanya dapat menjadi alat pembelajaran untuk balita dan anak-anak prasekolah, tetapi juga bermanfaat untuk bayi.

Dikutip dari laman Very Well Family, busy book tersedia dalam berbagai pilihan kategori sesuai usia. Isi dan aktivitas dalam buku akan disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Jadi, orang tua dapat mengenalkan busy book sedini mungkin pada anak. Orang tua juga bisa memilih jenis busy book sesuai dengan minat si kecil. Misalnya memilih busy book dengan tema hewan laut, transportasi atau luar angkasa.

Jangan lupa, hindari memaksa anak untuk langsung mau memainkan aktivitas yang ada. Orang tua sebaiknya membiarkan anak melihat-lihat buku terlebih dahulu. Kemudian baru ajak mereka untuk mengerjakan aktivitas bersama-sama.

Jenis Busy Book Sesuai Usia dan Minat Anak

1.Untuk Usia Bayi

Busy book untuk kategori usia bayi biasanya dirancang khusus dengan konten dan aktivitas yang sesuai. Biasanya, bagian-bagian dari busy book untuk bayi terbuat dari bahan kain sehingga tidak membahayakan bayi. Warna buku ini umumnya juga lebih cerah untuk menarik minat mereka.

2.Untuk Usia Balita

Jenis busy book untuk anak-anak berusia hingga 5 tahun biasanya berisi kegiatan keterampilan yang lebih kompleks, seperti menempel, mencocokkan gambar, hingga kegiatan imajinatif lainnya.