Tips Memilih Parfum

Parfum yang disemprotkan di dalam tubuh pasti akan menyatu menjadi satu dengan aroma tubuh. Jadi, dalam memilih aroma parfum harus sangat hati-hati ya. Karena aroma tubuh akan menjadi lebih kuat jika kamu menggunakan parfum secara merata di seluruh tubuhmu.

Biar kamu tidak salah pilih dalam memilih parfum terbaik, kamu harus teliti dan berhati-hati saat membelinya. So, dengan begitu kamu tetap bisa menggunakan parfum terbaik di sepanjang harimu.

Tips Jitu Cara Memilih Parfum Terbaik Berdasarkan Jenis Wanginya

1. Kenali dengan baik wangi parfum

Langkah tepat yang bisa kamu lakukan sebelum membeli parfum adalah kenali dengan baik parfum tersebut. Seperti yang kita tahu, banyak sekali tersedia berbagai macam aroma yang memiliki ketahanan ketika dipakai. Ada yang tahan lama jika dipakai, ada pula yang mudah hilang sesaat setelah dipakai. Maka kamu harus memilih jenis parfum yang biasanya cocok untuk kamu gunakan.

Nah, aroma parfum yang biasanya lebih disukai adalah wangi yang memiliki aroma tingkat tengah atau sedang. Parfum tersebut dinilai akan memberikan aroma yang segar dan bisa tahan lama di sekujur tubuh kamu.

2. Memilih Wangi Parfum yang Disukai

Kalau kalian sudah terbiasa memakai satu jenis parfum, dan sudah menyukainya, usahakan untuk memilih parfum baru yang tidak berbeda jauh dari parfum sebelumnya. Cari dan pilih bahan dasar aroma yang sama, misalnya bunga, kayu atau aroma buah citrus.

3. Mencoba Parfum dari Aroma yang Ringan

Ketika berada di toko parfum, dan ingin mencoba semua aroma parfum, usahakan untuk tidak sembarangan memakainya. Coba parfum dengan aroma ringan terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan aroma parfum yang lebih kuat.

Biasanya, parfum dengan bahan dasar buah citrus memiliki aroma ringan. Sedangkan parfum dengan aroma bunga dan kayu jauh lebih kuat. Dan yang terpenting, jangan pakai semua parfum dalam waktu bersamaan, ya.

4. Waspada Dengan Risiko Iritasi Kulit

Meski aman, parfum ternyata memiliki risiko untuk membuat iritasi kulit atau alergi. Jadi pastikan untuk memilih jenis parfum yang aman dan cocok untuk jenis kulit kamu. Wewangian dan kandungan didalamnya bisa menyebabkan kulit menjadi gatal dan kemerahan terutama untuk kulit sensitif. Untuk meminimalisir hal itu, baca dulu komposisi dari parfum tersebut atau dengan mencoba produknya lebih dulu kemudian mendiamkannya selama beberapa saat. Jika tidak memiliki reaksi apapun, maka parfum itu aman untuk kulit.

5. Ketahui Kandungan Parfum

Jika belum yakin, Anda bisa membeli parfum dengan konsentrasi rendah terlebih dahulu.Body Spray atau Body Mist biasanya mengandung 1-2% perfume oil dan wanginya bisa bertahan selama 1-2 jam. Eau de Cologne (EDC) mengandung lebih banyak alkohol dibandingkan minyak esensial di dalamnya. EDC mengandung 2-4% perfume oil dan bisa bertahan selama 3-4 jam.

Eau de Toilette (EDT) mengandung alkohol ringan, 5-15% kandungan perfume oil dan bisa bertahan 4-6 jam. Sementara Eau de Parfum (EDP) banyak menjadi pilihan karena mengandung 15-20% perfume oil dan bertahan lebih lama hingga 6-8 jam.