YouTube Bereksperimen Dengan Saluran TV Didukung Iklan

YouTube mendorong upaya untuk memperkenalkan pusat saluran TV yang didukung iklan

Sekolahnews – Platform internet YouTube sedang mencari cara untuk menjenuhkan platformnya dengan konten dari perusahaan media tertentu.Menurut pejabat platform ini yang berbicara dengan Wall Street Journal, perusahaan streaming video ini sedang menguji metode baru untuk memperkenalkan hub saluran streaming TV gratis/didukung iklan.Mereka juga sedang dalam pembicaraan dengan Lionsgate dan A&E, untuk menghadirkan film/acara TV ke layanan tersebut.

YouTube sudah menghasilkan aliran pendapatan yang cukup besar dari iklan. Penambahan saluran gratis/didukung iklan akan membuat perusahaan ini menikmati lebih banyak keuntungan.Saluran yang didukung iklan saat ini ditawarkan oleh beberapa bisnis seperti Roku’s Live TV, Pluto TV, dan lainnya. Itu akan menjadi wilayah yang belum dipetakan untuk YouTube. Namun, perusahaan streaming video ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan menawarkan berbagai konten lain yang tidak tersedia di tempat lain.

Menurut juru bicara YouTube, “eksperimen kecil yang memungkinkan sebagian pemirsa menonton saluran gratis yang didukung iklan” saat ini sedang berlangsung. Konsepnya akan “mengukur minat pemirsa”, kata pejabat itu.Sesuai antisipasi, YouTube dapat memperoleh potongan 45% dari pendapatan iklan dari pusat saluran, yang akan sejalan dengan perjanjiannya dengan pembuat konten.

YouTube saat ini menawarkan layanan streaming TV online terpisah, yang disebut YouTube TV, dengan lebih dari ratusan saluran TV.Selain video buatan pengguna tradisional, tahun lalu, platform tersebut memperkenalkan Shorts, yang merupakan fitur video bentuk pendek perusahaan ini untuk menyaingi TikTok.YouTube juga baru-baru ini mengubah kebijakan Program Mitranya, yang kini mencakup janjinya untuk berbagi pendapatan iklan dengan pembuat video Shorts.

Selama beberapa tahun terakhir, YouTube telah melakukan banyak upaya untuk meningkatkan domain kontennya. Baru-baru ini, mereka menandatangani perjanjian beberapa tahun untuk menghadirkan NFL Sunday Ticket (paket olahraga untuk menyiarkan pertandingan reguler National Football League) di saluran YouTube TV/Primetime mulai tahun ini dan seterusnya.

Keputusan YouTube untuk mengintegrasikan pusat saluran streaming TV yang didukung iklan bisa menjadi langkah yang mengganggu, terutama melihat semakin banyak perusahaan di ruang ini, yang mendapat untung dari iklan.Meskipun penambahan saluran yang didukung iklan baru diuji saat ini, ada kemungkinan saluran tersebut akan segera tersedia untuk masyarakat umum tanpa biaya apa pun.