4 Fakta tentang Banda Neira yang wajib diketahui

SekolahNews – Banda Neira. terletak di Pulau Neira, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, daerah ini menawarkan beragam keindahan alam dan sejarah yang tak akan pernah bisa kamu tolak.

Pulau kecil berjuluk “The Spice Land” karena sudah tersohor menghasilkan komoditas rempah utama dunia, yaitu pala. Biji buah pala ini dijadikan rempah yang konon katanya harga di pasaran dunia kala itu bersaing dengan harga emas.

Karena hanya di Banda, pohon pala tumbuh, tak ayal pulau ini sempat jadi rebutan Bangsa Eropa. Spanyol, Portugis, Inggris, dan Belanda berlomba menguasai Banda dan penduduk kepulauan untuk mendapatkan si emas hitam ini.

Berikut ini fakta dikutip dari laman Pesona Indonesia seputar sejarah Pulau Banda.

1. Menjadi medan pertempuran selama berabad-abad

Portugis adalah bangsa pertama yang menemukan kepulauan Banda. Sementara itu, Belanda datang untuk menguasai kepulauan namun keberadaan mereka tak disukai oleh penduduk lokal. Inggris pun datang untuk memanfaatkan situasi dengan topeng membantu penduduk melawan Belanda. Akibatnya perang pun terjadi berabad-abad.

2. Perkebunan Pala di Banda Neira dimonopoli oleh Belanda

Cara yang dilakukan Belanda untuk menguasai Banda adalah dengan menawarkan penduduk bermodal untuk membeli lahan produktif yang tersedia. Para budak dipekerjakan dan pihak Belanda mengambil untuk cukup banyak. Mereka membeli pala dengan harga 2,6 stuvier dan menjual 150 stuvier per kilogram.

3. Penukaran Pulau Run dengan New Amsterdam

Pulau Run adalah salah satu rangkaian Banda Neira dan diberikan oleh Saudagar Banda, Datuk Putih, kepada Ratu Elizabeth I dari Inggris. Untuk mengamankan monopoli pada di Banda Neira, Belanda rela menukarkan pulau jajahannya bernama New Amsterdam untuk memperoleh Pulau Run. Hal ini tertuang dalam naskah perjanjian Breda pada tahun 1667.

4. Hatta dan Sjahrir pernah diasingkan di Banda Neira dan mendirikan sekolah

Pada saat itu, Banda Neira hanya memiliki sekolah Belanda tapi hanya untuk orang-orang yang mampu. Pada masa pembuangan di pulau ini, mereka pun mendirikan sekolah bagi anak yang tidak mampu. Sekolah ini bernama sekolah sore dan tidak sedikit pun dipungut biaya.

2 thoughts on “4 Fakta tentang Banda Neira yang wajib diketahui

  • 8 February 2024 at 23:55
    Permalink

    Czytanie wiadomości e-mail innych osób na komputerze bez znajomości hasła jest bardzo trudne. Ale mimo że Gmail ma wysokie zabezpieczenia, ludzie wiedzą, jak potajemnie włamać się do konta Gmail. Udostępnimy kilka artykułów na temat łamania Gmaila, tajnego hakowania dowolnego konta Gmail, nie znając ani słowa.

  • 12 February 2024 at 06:53
    Permalink

    Możesz także dostosować monitorowanie dla niektórych aplikacji i natychmiast rozpocznie regularne przechwytywanie migawek ekranu telefonu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *