Jadi Juara karena Kotoran Manusia

SekolahNews – Sabtu (21/9), menjadi hari yang istimewa bagi Hekmatyar Aulia Ayuba atau biasa disapa Hekma. Kerja kerasnya selama ini berbuah manis.

Pasalnya, siswi kelas XII MIPA 3 SMA Muhammadiyah (Smamsatu) Gresik ini berhasil menyabet Juara I Karya Tulis Siswa SMA/SMK/MA pada ajang Muhammadiyah Education (ME) Award 2019 yang digelar di Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur.

Seperti dikutip dari pwmu.com, hari ini, Hekma berhasil menjadi juara diajang ini dengan penelitian tentang tenaga listrik alternatif yang dihasilkan dari fermentasi kotoran manusia.

Ide penelitian ini muncul ketika ia melihat meningkatnya penggunaan listrik di Indonesia. “Tetapi tidak dibarengi dengan pasokan listrik yang meningkat. Akhirnya kita butuh alternatif energi listrik dan serbuk kotoran ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif energi listrik,” katanya.

Hekmatyar Aulia Ayuba dengan alat penelitiannya. (credit foto: Muhammad Bakir/PWMU.CO)

Hekma mengungkapkan, kotoran manusia difermentasikan selama 20 hari, “Dalam proses fermentasi tersebut dilakukan pencampuran bahan seperti, 30 persen serbuk kotoran manusia dari volum media fermentas, 2 persen garam, 1 persen dedak, aktivator organik 30 persen, dan 7 persen udara.”

Hasil fermentasi ini kemudian dituangkan dalam bejana yang terdapat lembar Zn dan Cu yang telah dikaitkan dengan kabel yang berbeda kutub serta dirangkai dengan lampu LED yang dijepit dengan penjepit buaya. “Akhirnya dapat menyalakan lampu led yang dapat bertahan selama kurang lebih satu bulan,” imbuhnya.

Walaupun sudah sering menjuarai berbagai kompetisi, siswi yang juga santriwati Pondok Pesantren Muhammadiyah Madinatul Ilmi ini tetap merendah. Menurutnya keberhasilannya meraih juara adalah berkat doa dan dukungan dari semua orang.

Beberapa prestasi Hekmatyar Aulia Ayuba:

  • Juara III Lo’real Girls in Science
  • 10 besar LKTI Reviresco tingkat provinsi
  • 10 besar LKTI Kepresidenan tingkat nasional

sumber: naskah dan foto pwmu.com

1,230 thoughts on “Jadi Juara karena Kotoran Manusia