8 Museum Paling Aneh di Dunia

SekolahNews — Museum yang biasanya menyimpan benda-benda bersejarah atau benda-benda seni karya maestro terkenal di dunia. Di museum kita dapat belajar dan mengenal hal-hal baru yang tidak kita ketahui sebelumnya. Tapi tahu nggak kalau ada museum yang menyimpan benda/barang-barang aneh dan unik?

Berikut ini 8 museum yang menyimpan benda-benda aneh dan unik versi sekolahnews.com;

1. Museum of Bad Art (Amerika Serikat)

Source: garyleemiller.com

Museum of Bad Art yang terletak di kota Massachusetts, Amerika Serikat, ini memiliki koleksi karya seni yang jauh dari kata indah. Bahkan di laman resmi mereka, Museum of Bad Art mengklaim sebagai “satu-satunya museum di dunia yang didedikasikan untuk koleksi, pelestarian, pameran dan perayaan seni yang buruk dalam segala bentuknya.”

Di sini pengunjung bisa melihat beberapa replika lukisan terkenal di dunia, namun dengan wujud yang sama sekali tak mirip dengan aslinya.

2. Torture Museum (Belanda)

Source:vivilavaldorcia.it

Torture Museum yang terletak di Belanda. Pasalnya koleksi museum yang satu ini terkesan menyeramkan dan sadis lantaran berisi 100 alat penyiksaan. Adapun alat-alat tersebut merupakan bukti kekejaman hukuman mati yang diberlakukan pada masa abad pertengahan. Kalau kalian yang penakut, sebaiknya tidak datang karena menyeramkan, namun hal itu justru membuat turis ramai-ramai mengunjungi karena penasaran.

3. Museum of Broken Relationships (Kroasia)

Sumber:viator.com

Museum of Broken Relationships yang terletak di kota Zagreb ini meyimpan aneka barang yang ditinggalkan oleh seseorang yang hubungannya kandas di tengah jalan. Bahkan hingga kini pihak pengelola masih membuka kesempatan bagi para pengunjung untuk mendonasikan barang-barang yang berhubungan erat dengan kandasnya kisah percintaan mereka.

Adapun tujuan mendirikannya museum ini tak lain untuk membuat pengunjung lebih mudah menerima keadaan dan segera melepaskan hubungan asmara mereka. Buat kalian yang ingin move on dari mantan, tempat ini sangat direkomendasikan.

4. Sulabh International Museum of Toilets (India)

Sumber: Patch.com

Sulabh International Museum of Toilets merupakan sebuah tempat yang memiliki koleksi aneka bentuk toilet dari masa ke masa. Meskipun terkesan aneh dan tampak menjijikan, akan tetapi tujuan didirikannya museum ini tak lain untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait perjalanan sejarah toilet.

Sulabh International Museum of Toilets memiliki koleksi yang terbilang lengkap, mulai dari toilet polos yang memiliki bentuk sangat sederhana hingga toilet yang dilukis dengan bermacam-macam motif yang unik. Salah satu koleksi yang menjadi pusat perhatian pengunjung adalah toilet bergaya Victoria berbentuk seperti rak buku.

5. Cancun Underwater Museum (Meksiko)

Sumber:mexicodivers,com

Cancun Underwater Museum benar-benar terletak di bawah permukaan air. Museum yang terletak di Cancun memiliki koleksi sekitar 500 patung yang tersebar di tiga galeri yang berbeda. Adapun ketiga galeri tersebut memiliki kedalaman 3 hingga 6 meter. Bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan museum ini bisa dengan cara menyelam atau menggunakan perahu khusus dengan dasar yang terbuat dari kaca tembus pandang.

6. Royal Mummy Room

(Sumber: stylish-holidays.com)

Sejarah Mesir merupakan salah satu sejarah tertua yang ada di dunia. Kita bisa melihat jejak-jejak sejarah Mesir di Royal Mummy Room yang berisi mumi dari 27 kerajaan Firaun. Pasti kamu tahu ‘kan kisah dari Nabi Musa? Di museum ini kita juga bisa menemukan salah satu mumi yang diduga merupakan mumi Firaun yang tenggelam di Laut Merah. Selain koleksi mumi, museum ini juga menyimpan berbagai artefak yang berasal dari periode tahun 1550-1069 SM, seperti patung, meja hingga sarkofagus. Ada juga koleksi kuburan Firaun Thutmosis III, Thutmosis IV, Amenophis II, dan masih banyak lagi.

7. Museum Kematian

Sumber:blogspot.com

Museum dengan nama asli Siriraj Medical Museum ini menyimpan beberapa kerangka, awetan janin atau bagian tubuh yang meninggal karena berbagai sebab. Dalam museum ini kamu dapat melihat bagaimana paru-paru manusia yang rusak akibat tusukan seorang psikopat, atau otak yang mengalami pendarahan, dan anggota tubuh lainnya.

Walaupun koleksinya cukup mengerikan, ternyata museum ini didirikan untuk keperluan medis. Museum yang terletak di Rumah Sakit Siriraj ini memiliki beberapa bagian museum medis di antaranya museum anatomi, patologi, pengobatan tradisional Thailand dan museum toksikologi. Untuk kamu yang ingin menjadi dokter, mungkin bisa mengunjungi museum ini saat sedang berjalan-jalan ke Bangkok.

8. Museum Kunstkamera

(Sumber: rbth.com)

Museum Kunstkamera merupakan salah satu museum yang paling terkenal di Rusia. Selain karena museum ini adalah museum pertama di Rusia, tetapi koleksi-koleksinya juga akan membuat siapa saja yang datang berdecak ngeri. Di museum yang telah berdiri sejak tahun 1726 ini, kamu dapat melihat berbagai jenis makhluk hidup yang diawetkan dalam toples-toples kaca. Makhluk hidup yang diawetkan lahir dengan kondisi yang tidak sempurna. Ada hewan yang berkepala dua, ada pula bayi dengan struktur tubuh tidak lengkap.