Lomba Debat Bahasa Indonedia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) 10 – 21 Oct 2022

10 – 21 Oktober 2022

Ayo Berpartisipasi pada LDBI & NSDC 2022

Sekolahnews.com – LDBI dan NSDC merupakan lomba debat bagi peserta didik jenjang pendidikan menengah yang mempunyai bakat dan minat dalam bidang debat. Kompetisi ini merupakan ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini dengan dukungan kemampuan berpikir kritis, analitis, logis serta mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan.

Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pusat Prestasi Nasional untuk menyiasati kondisi tersebut agar kompetisi debat tetap dapat dilaksanakan. Oleh sebab itu, Pusat Prestasi Nasional akan menyelenggarakan kompetisi LDBI dan NSDC secara daring (online)

Kategori Tim

  1. Piala dan medali emas diberikan kepada Juara 1; Piala dan medali perak diberikan kepada Juara 2; dan Piala dan medali perunggu diberikan kepada Juara 3 bersama (dua tim).
  2. Hadiah tabungan prestasi diberikan kepada Juara 1, 2 & 3 bersama (dua tim).
  3. Piala diberikan kepada Tim terbaik Kategori A, Kategori B, Kategori C, Kategori D, dan Tim Favorit.

Kategori Individu

  1. Tropi diberikan kepada 15 pembicara terbaik (best speakers) dengan kategori sebagai berikut:
    • Medali emas diberikan kepada peringkat 1 sampai 5;
    • Medali perak diberikan kepada peringkat 6 sampai 10;
    • Medali perunggu diberikan kepada peringkat 11 sampai 15.
  2. 15 pembicara terbaik (best speakers) NSDC diprioritaskan dan untuk mengikuti pembinaan calon delegasi Indonesia untuk World Schools Debating Championship (WSDC).

Provinsi yang mendapatkan nilai terbanyak dalam penghitungan juara tim dan individu berhak menjadi juara umum.

Tujuan LDBI & NSDC 2022

Umum

  • Membangun antusiasme dan motivasi yang tinggi dari para peserta didik untuk berprestasi di bidang debat.
  • Membangun kesadaran dan kepedulian peserta didik akan pentingnya toleransi, kerjasama, dan perbedaan opini sebagai sikap yang harus tumbuh dalam demokrasi yang sehat.
  • Mendorong peserta didik untuk terus memperluas wawasan/pengetahuan umum agar semakin percaya diri dalam bergaul dan berkomunikasi.

Khusus

  • Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menyampaikan pendapat, sekaligus berlatih menjadi pendengar yang baik dengan lawan bicara.
  • Mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien, dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris.
  • Melatih kemampuan berpikir kritis, kreatif, analitis, konstruktif dan responsif terhadap isu-isu aktual yang sedang berkembang, baik nasional maupun internasional.
  • Memperkuat karakter peserta didik untuk dapat bersikap sportif, berani, konsisten, serta bertanggungjawab atas pendapat dan keputusan menentukan pilihan.

Kunjungi website : https://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/ldbinsdc/#home