Anies Diundang Bicara Covid di Forum Internasional

SekolahNews — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diundang sebagai salah satu pembicara utama pada Forum pertemuan “The Mayoral Meeting Cities Against Covid-19 (CAC) Global Summit 2020” pada tanggal 2 Juni lalu. 3 pembicara utama lainnya adalah Wali Kota London Sadiq Khan, Gubernur Maryland Larry Hogan dan Wali Kota Moscow Sergei Sobyanin.

Pertemuan yang mengusung tema “Together We Stand” dihadiri oleh 40 gubernur dan wali kota di seluruh dunia. Tema itu mengangkat apa yang dilakukan masing-masing pemimpin tersebut dalam menghadapi pandemi covid-19. 

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Siapkan 176 Bus Sekolah Gratis dengan 32 Rute

Diawali dengan pidato pembukaan wali kota Seoul Park Won-Soon selaku tuan rumah dan dilanjutkan dengan “Deklarasi Seoul” yang diikuti seluruh peserta.

Dalam video yang dapat diunggah pada akun Youtube Pemprov DKI pada Ahad (7/6), Anies mengajak semua wali kota dan gubernur untuk melihat ke depan dengan mengantisipasi perubahan yang perlu dilakukan dalam memandang tata ruang menjadikan kota yang tangguh dan membangun kolaborasi sosial.

Disamping itu Gubernur Anies mengatakan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta membuat sulit kondisi keuangan bagi banyak masyarakat. Bahkan, banyak yang kehilangan sumber penghasilan.

Salah satu cara Jakarta menghadapi tantangan itu salah satunya dengan program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB).

“Tentu saja pemerintah menyediakan dukungan dan subsidi. Namun di kesempatan ini kami gunakan untuk memperkenalkan KSBB. Jadi di satu sisi kami memiliki PSBB dan di sisi lain KSBB,” imbuhnya lagi.

Baca juga: 2020 DKI Jakarta Terapkan Kurikulum Basket di Sekolah

Anies menuturkan, program KSBB di Jakarta mendapat dukungan dari berbagai kalangan masyarakat. Jumlah orang yang ikut berdonasi pun meningkat hingga 200 persen lebih.

Menurut dia, hal itu merupakan gambaran betapa solidaritas masyarakat telah terbangun di masa pandemi corona. (Dikutip dari berbagai sumber).