Buat minuman-minuman sehat ini di rumah untuk cegah PCOS

Sindrom ovarium polikistik atau PCOS cukup umum terjadi pada kalangan perempuan akhir-akhir ini lantaran gaya hidup yang sedenter (kurang gerak) dan kurangnya makanan bergizi.Gangguan ini sering ditandai dengan haid tidak teratur, di samping gejala-gejala lainnya.Wanita yang mengalami PCOS juga rentan terhadap masalah rambut rontok, jerawat, tekanan darah tinggi, dan diabetes.Berikut lima minuman buatan sendiri yang efektif membantu Anda mengendalikan kondisi tersebut.

Teh kayu manis

Kayu manis ampuh mengendalikan PCOS. Rempah ini membantu mengatur gula darah dan mengurangi resistensi insulin.Menurut penelitian, kayu manis meningkatkan kesuburan pada perempuan dengan mengatasi fibroid rahim.Tambahkan batang kayu manis ke air mendidih lalu biarkan terseduh. Tutup selama 10 menit. Tambahkan satu kantong teh lalu didihkan lagi.Keluarkan kantong teh dan batang kayu manis, dan sajikan dalam keadaan hangat.

Shatavari

Mengandung vitamin A, B1, B2, C, dan E, mineral, antioksidan, magnesium, fosfor, zat besi, kalsium, serta asam folat, shatavari merupakan ramuan organik yang membantu melindungi sistem reproduksi wanita.Minuman ini bersifat anti-diabetes serta memperbaiki kesuburan dan insulin pada wanita.Tambahkan satu sendok makan bubuk shatavari ke air, aduk rata dan segera konsumsi untuk mengurangi gejala-gejala PCOS.

Teh spearmint

Ramuan ampuh untuk menyembuhkan PCOS, teh spearmint memiliki efek anti-androgen yang ikut mengurangi gangguan ketidakseimbangan hormon yang berkaitan dengan PCOS.Minuman tersebut mengatur siklus menstruasi dan mengurangi hormon testosteron. Perempuan dengan PCOS mempunyai kadar testosteron tinggi yang menyebabkan rambut rontok dan jerawat.Rebus daun spearmint dalam air selama lima menit. Saring dan minum airnya setiap pagi.

Air kelor

Air kelor tak hanya membantu mengatasi PCOS, tetapi juga memperkuat kekebalan tubuh dan menyehatkan kulit.Minuman tersebut turut menurunkan insulin darah pada wanita sehingga membantu mengurangi kadar androgen.Air kelor juga memiliki khasiat detoksifikasi dan mendorong kesuburan pada perempuan.Campurkan satu sendok makan bubuk kelor dalam satu gelas air lalu minum saat perut kosong di pagi hari.

Lidah buaya

Berbagai obat dan formulasi PCOS mengandung lidah buaya bersama senyawa-senyawa lain untuk menyembuhkan kondisi tersebut.Lidah buaya memiliki kandungan-kandungan nutrisi dan hidrasi yang berfungsi menghilangkan penumpukan zat-zat kimia dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.Tanaman herbal itu juga mendetoksifikasi saluran pencernaan kita.Campur gel lidah buaya segar dengan air. Tambahkan sedikit garam dan madu, aduk rata. Konsumsi minuman ini sebelum sarapan.