Cara Jitu Menghindari Kecanduan Gadget

SekolahNews – Saat ini gadget/handphone (Hp) bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan primer/pokok kita. Hp memang suatu benda mungkin sulit dipisahkan dari kehidupan kita.

Pernahkah kita menghitung berapa kali dan berapa lama waktu kita melihat hp? Mulai bangun tidur, sekolah, istirahat, pulang, dan sampai mau tidurpun kita lihat hp. Bahkan seringkali kita balik ke rumah hanya karena hp ketinggalan, iya kan?

Kenapa? Karena dari hp kita bisa memperoleh berbagai macam informasi, baik yang penting atau yang sebenarnya tidak penting.

Begitu banyak aplikasi yang membuat kita ingin selalu membuka hp. Akibatnya  kita jadi kecanduan, seperti yang pernah kita baca di media.

Baca juga: Ratusan Anak di Jawa Barat Kecanduan Game
Aplikasi (Pixabay)
Berikut ini beberapa cara menghindari kecanduan gadget:
  • Batasi waktu penggunaan

Berapa lama kita buka hp setiap hari? Apa saja sih yang dilihat? Coba kita pilah aplikasi mana saja yang benar-benar penting buat kita dan tentukan berapa lama kita melihatnya.

  • Gunakan timer

Gunakan timer sebagi alat bantu pengingat, sehingga kita bisa membatasi waktu penggunaan hp.

  • Install aplikasi yang perlu saja

Batasi pemakaian aplikasi. Install aplikasi yang benar-benar penting buat kita. Kita harus berani memilih aplikasi apa saja yang baik buat kita.

  • Kurangi notifikasi

Jangan semua aplikasi diberi notifikasi, karena nanti akan sangat menggoda kita untuk buka hp.

  • Matikan hp saat belajar

Biasakan untuk mematikan hp saat belajar agar bisa konsentrasi. Notifikasi sangat mengganggu konsentrasi kita.

  • Lihat jam jangan dari hp

Gunakan jam tangan atau jam dinding untuk mengetahui waktu. Lihat jam dari hp akan membuat kita membuka aplikasi lain, apalagi ada notifikasinya.

  • Memperbanyak kegiatan

Carilah kegiatan dan bersosialisasilah. Hal ini akan sangat membantu karena kita bisa ngobrol, berdiskusi, dan lain-lain, sehingga kita bisa melupakan hp beberapa saat. Dengan kegiatan kita bisa membuat aturan mengenai batasan penggunaan hp saat kegiatan berlangsung.

  • Matikan hp sebelum minimal 30 menit sebelum tidur

Jangan tidur sambil main hp karena akan membuat otak yang seharusnya rileks jadi berfikir, sehingga tidur kita tidak tenang.

  • Hindari bawa power bank

Dengan tidak bawa power bank maka kita bisa menghitung waktu penggunaan hp supaya tidak habis baterainya.

Mari kita coba. Semoga bermanfaat.