Daftar Universitas Ramah Disabilitas di Indonesia, Mana Saja?

Sekolahnews.com – Ada sejumlah universitas yang ramah terhadap disabilitas . Setiap anak bangsa berhak mendapatkan pendidikan layak, termasuk para penyandang disabilitas.

Di Indonesia sendiri, beberapa universitas ternamanya sudah sangat ramah terhadap kaum disabilitas dengan menyediakan berbagai fasilitas dan kesempatan untuk menuntut ilmu. Berikut informasi lengkapnya.

1. Universitas Brawijaya

Di tahun ajaran 2017/2018, Universitas Brawijaya (UB) menerima 40 mahasiswa baru disabilitas yang disaring melalui Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SKPD), jalur mandiri, dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Para mahasiswa disabilitas tersebut mengikuti kegiatan pengenalan kampus seperti biasa, sama dengan mahasiswa lain.

Selama kegiatan orientasi kampus, pihak UB menyiapkan fasilitas berupa pendampingan relawan. Sementara itu, para relawan yang bekerja adalah mahasiswa yang telah diberikan pembekalan oleh pihak universitas. Setiap mahasiswa disabilitas akan didampingi secara khusus oleh satu relawan.

2. Universitas Sebelas Maret Universitas Sebelas Maret (UNS)

Juga menjadi salah satu kampus di Indonesia yang ramah disabilitas. Universitas ini menyediakan seleksi mandiri jalur disabilitas.

Pihak UNS berkomitmen untuk menyediakan kesempatan kepada semua orang untuk mendapatkan pendidikan. Dengan adanya jalur penerimaan mahasiswa disabilitas ini, UNS ingin menjadi kampus inklusif. Calon mahasiswa disabilitas yang mengikuti proses seleksi mandiri di UNS hanya diminta menyerahkan nilai rapor dan bukti prestasi lainnya.

Pihak kampus tidak akan membebani calon mahasiswa dengan mengikuti tes tertulis, seperti jalur lainnya. Kampus ini berencana akan mendirikan UNS Braille Center.

3. Universitas Padjadjaran Universitas Padjadajaran (Unpad)

Memberikan akses seluas-luasnya bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Melansir laman resminya, pembukaan akses itu menjadi tanda bahwa Unpad siap menjadi kampus ramah disabilitas.

Salah satu universitas terbaik dan favorit di Indonesia itu sudah mulai menyediakan berbagai fasilitas ramah disabilitas di setiap gedung, penyediaan pendamping belajar, pemberian beasiswa bagi mahasiswa disabilitas, dan penyiapan modul pembelajaran khusus.

4. Universitas Indonesia Universitas Indonesia (UI)

Juga menyediakan fasilitas dan kebutuhan bagi para mahasiswa disabilitas yang menuntut ilmu di fakultas-fakultasnya.

Pada tahun 2018, Fakultas Kesehatan Masyarakat melakukan kerja sama dengan Direktorat Kemahasiswaan UI meluncurkan Unit Pelayanan Disabilitas UI.

Adanya unit pelayanan ini menjadi bukti komitmen UI untuk menjadi kampus inklusif di Indonesia. Tidak hanya sebatas pada kegiatan belajar-mengajar, namun juga memberikan pelatihan untuk menggunakan perangkat disabilitas dan memberikan advokasi di lingkungan UI mengenai kesadaran disabilitas.

Dengan begini, mahasiswa disabilitas UI merasakan kenyamanan selama belajar dan berinteraksi di lingkungan universitas.(sindonews.com).