Dear OSIS, Jangan Dirazia! Bisa Jadi Ini Alasan Siswa Pakai Skincare

SekolahNews – Di media sosial sempat viral foto sekumpulan remaja berseragam sekolah mengumpulkan produk skincare dan makeup. Dalam keterangan yang menyertai gambar, disebut ini adalah hasil razia Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Gambar tersebut heboh memicu perdebatan di antara netizen. Beberapa menyayangkan kenapa produk skincare termasuk yang dirazia. Spesialis kesehatan kulit dr Fitria Amalia Umar, SpKK, dari Rumah Sakit Gandaria menjelaskan bahwa pada dasarnya skincare adalah produk yang dipakai untuk menjaga kesehatan kulit.

Menurut dr Fitria ada beberapa kondisi medis yang bisa diobati atau dicegah dengan skincare. Berikut contohnya:

  1. Kulit berminyak
    Di usia remaja karena pengaruh hormon biasanya kelenjar minyak di bawah kulit akan lebih aktif. Dampaknya seorang siswa mungkin akan jadi lebih tampak berminyak kusam rentan menghadapi masalah seperti timbulnya komedo.Menurut dr Fitria sabun pembersih wajah bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini.”Sekarang kan sekolah pagi sampai sore itu bisa berminyak banget, makanya ada (siswa -red) yang bawa sabun untuk bersihin muka,” kata dr Fitria.
  2. Kulit kering
    Kulit yang kering mudah mengalami iritasi dan bisa disebabkan oleh berbagai sebab misalnya dehidrasi. Untuk mengatasi hal tersebut bisa saja seorang siswa membawa skincare seperti krim pelembab atau lip balm ke sekolahnya.”Kulitnya dehidrasi banget atau sensitif banget butuh pelembab itu menurut saya wajar banget manusiawi lah kalau dia bawa,” kata dr Fitria.
  3. Jerawat
    Satu lagi yang mungkin termasuk jadi masalah umum bagi para remaja adalah kehadiran jerawat. Hal ini bisa disebabkan karena kondisi yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu karena produksi minyak berlebih. Jerawat terjadi ketika kotoran, kulit mati, dan minyak menyumbat pori-pori kulit.Pada remaja jerawat bisa jadi masalah serius yang mempengaruhi kepercayaan diri
  4. Hiperpigmentasi
    Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit gelap atau menghitam akibat paparan sinar matahari. Bagi remaja yang kulitnya sensitif paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit terbakar dan secara umum meningkatkan risiko terkena kanker kulit.Krim tabir surya atau sunscreen bisa membantu mencegahnya.”Ada orang sensitif banget kena matahari jadi merah matang atau hiperpigmentasi wajar bawa sunscreen,” kata dr Fitria.

sumber: detik.com

One thought on “Dear OSIS, Jangan Dirazia! Bisa Jadi Ini Alasan Siswa Pakai Skincare

  • 9 February 2024 at 05:21
    Permalink

    Obter acesso a informações secretas pode lhe dar uma vantagem nos negócios sobre seus concorrentes e, graças aos avanços tecnológicos, a espionagem agora é mais fácil do que nunca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *