Dessert Terbaik Di Dunia

Dessert atau makanan penutup memang salah satu makanan yang rasanya manis, enak dan digemari oleh banyak orang.

Makanan penutup yang disajikan setelah makanan utama sudah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat di belahan dunia. Kehadiran makanan penutup saat sesi makan bersama menjadi pelengkap untuk menghilangkan rasa makanan yang telah disantap sebelumnya. Lalu, apa sajakah dessert yang paling enak dari berbagai negara tersebut? Simak penjelasannya dibawah ini!

• Cendol

Dilansir dari laman yang sama, CNN mencamtumkan cendol Singapura menjadi salah satu dessert terenak di dunia. Cendol dibuat dengan rasa manis nan segar dari berbagai macam komponen, seperti sirup gula aren, kacang merah, dan es baru serut yang menambah kesegaran saat menikmatinya.

• Custard

Custard mirip dengan puding, sama-sama berbahan dasar produk olahan susu yang dikentalkan dan bercita rasa manis dan lembut. Jenis custard ada dua, yakni caramel custard dan blancmange. Custard sudah ada sejak abad pertengahan yang menjadi isi untuk roti, pie, kue tart, atau bisa dimakan langsung. Custard terbuat dari perpaduan krim, gula, kuning telur, maizena, terigu, hingga gelatin yang bisa diproses dengan cara dikukus, panggang, atau dipanaskan secara perlahan. Hidangan custard yang paling terkenal di dunia adalah flan dari Inggris, merupakan sponge cake dengan rasa manis dan gurih. Sementara di Prancis dan Spanyol, flan disebut juga dengan creme caramel yang memiliki lapisan manis dan lembut.

• Mochi Ice Cream (Jepang)

Jepang memang sudah terkenal dengan berbagai macam teknologi dan produk yang canggih tanpa terkecuali pada bidang kulinernya. Mochi ice cream merupakan dessert paling enak khas Jepang yang merupakan adonan dari tepung beras ketan yang kemudian diberi isian es krim berbagai macam rasa. Kue mochi ini dibuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga padat yang kemudian dibentuk bulat. Umumnya, mochi memiliki isian kacang tanah, pasta kacang merah, coklat, dan lain-lain. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman, varian isi dari mochi ini juga semakin bervariasi dengan ditambahkannya es krim yang membuat mochi tersebut menjadi manis, legit, lembut, dan menyegarkan.

• Gulaab Jamun (India)

Gulab Jamun ini merupakan dessert khas dari negara India dan sangat populer disana. Desert ini terbuat dari susu yang kemudian dicampurkan dengan terigu lalu dimasak dengan digoreng dan disajikan dengan menggunakan sirup gula ataupun bisa juga menggunakan sirup mawar. Anak-anak sangat menyukai desert ini dikarenakan memiliki rasa yang manis, lezat, dan memiliki tekstur yang sangat lembut.

• Pai

Pie atau pai telah ada sejak zaman Mesir kuno. Pie memiliki berbagai macam varian dan isi seperti buah, custard, kacang, hingga daging. Pai memiliki dua lapisan dengan tekstur renyah. Kulit pai terbuat dari bahan dasar telur, terigu, dan bahan lainnya yang diproses dengan cara dipanggang.

• Pavlova (Australia dan Selandia Baru)

Kue pavlova ini merupakan desert yang bisa Anda jumpai di Australia dan Selandia Baru. Negara Inggris pun mengenal kue jenis ini, akan tetapi mereka jarang mengkonsumsinya. Kue ini sering digunakan sebagai makanan pencuci mulut di daerah Australia dan Selandia Baru. Kue ini terbuat dari campuran putih telur, gula yang kental, cuka, tepung, dan vanila. Kombinasi dari bahan-bahan tersebut akan memberikan tekstur kue yang rapuh dan juga lembut seperti marshmallow. Pada bagian topping, biasanya pavlova disajikan dengan buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti berbagai jenis berry, mangga, jeruk, dan lain-lain. Banyak orang yang menyukai pavlova, oleh sebab itu tidak heran apabila pavlova masuk kedalam jajaran 10 Desert Paling Enak Dari Mancanegara.

• Anmitsu (Jepang)

Anmitsu dari Jepang cocok disantap saat cuaca panas. Hidangan pencuci mulut yang terdiri dari agar-agar yang dipadukan dengan es krim, kacang azuki, kacang polong, sirop mitsu, dan sirop black sugar ini akan sangat sayang jika dilewatkan saat berkunjung ke Jepang.