Istilah Aufklarung

Sekolahnews.com – Pernah dengar kata Aufklarung? Aufklarung dikenal sebagai zaman pencerahan yang merupakan zaman kelanjutan dari zaman Renaissance.

Pengertian Aufklarung

Istilah aufklarung berasal dari bahasa Jerman, yang artinya pencerahan. Dalam bahasa Inggris, aufklarung berpadanan dengan istilah enlightenment yang artinya pencerahan atau penerangan.

Jika zaman Renaissance adalah peralihan dari zaman pertengahan ke zaman modern dan dianggap sebagai masa peremajaan bangsa, maka peristiwa aufklarung adalah masa pendewasaan bagi Bangsa Eropa. Zaman ini diberi nama zaman pencerahan karena pada zaman ini manusia mulai mencari cahaya baru melalui rasionya sendiri.

Merujuk pada buku Pemikiran Dibalik Peristiwa Renaissance dan Aufklarung karya Heri Purwanto, abad pencerahan berlangsung pada abad XVII – XVIII (1685-1815). Negara pelopornya adalah Inggris dan Prancis. Dapat dikatakan bahwa, di kedua negara ini memang banyak lahir ilmuwan dan pemikir atau filsuf yang gagasannya sangat berpengaruh untuk lahirnya abad pencerahan.

Meskipun, keduanya sama-sama membawa pencerahan bagi penduduk Eropa, tapi ternyata dua peristiwa berbeda. Pada zaman Renaissance, kemampuan akal manusia sudah berkembang, tetapi hal tersebut hanya menghasilkan kemajuan pada bidang humaniora, filsafat, politik, seni, sastra serta hukum. Namun, belum mampu menciptakan perubahan dan perkembangan dalam bidang ekonomi demi kesejahteraan manusia.
Melalui slogan Aufklarung, “Sapere Aude!” yang memiliki arti “Beranilah Berpikir Sendiri”, Immanuel Kant, filsuf asal Jerman mengajak orang-orang untuk semakin berani dan bebas menggunakan akalnya.

Menurut Kant, bila manusia masih belum yakin dengan kemampuan akalnya untuk menciptakan kemajuan dan kebahagiaan di dunia, maka artinya manusia tersebut belum dewasa.

Melansir dari buku Sejarah: Peristiwa Di Eropa yang Berpengaruh terhadap Kehidupan Umat Manusia karya Alin Rizkiyan Putra, menurut pendapat para tokoh yang mempelopori terjadinya zaman pencerahan, akal dan budi manusia harus digunakan untuk menjawab masalah kehidupannya.

Dapat disimpulkan bahwa terjadinya zaman ini telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perubahan sejarah Eropa bahkan sejarah dunia. Salah satu peristiwa besar yang dipengaruhi oleh Aufklarung adalah Revolusi Perancis 1789 yang ikut serta mempengaruhi tatanan masyarakat dunia.

Aufklarung dapat diartikan juga sebagai gerakan besar di Eropa pada abad ke-18 Masehi yang memberikan kedudukan luar biasa terhadap akal dan budi manusia.

Latar Belakang Penyebab Terjadinya Aufklarung

Disebut sebagai zaman kelanjutan dari zaman renaissance yang merupakan masa peremajaan pikiran. Kelanjutan dari masa peremajaan merupakan masa pendewasaannya, yaitu aufklarung.

Zaman ini telah banyak membawa perubahan pola pikir manusia. Manusia mulai menggunakan akalnya untuk meneliti secara kritis segala sesuatu dalam kehidupannya termasuk dalam kehidupan bernegara.

Ilmuwan Sir Isaac Newton (1687) merupakan pelopor dasar terjadinya Aufklarung. Dengan karyanya yang berjudul Philosophiae naturalis principia mathematica (ilmu pengetahuan alam berdasarkan prinsip-prinsip matematis) telah berpengaruh terhadap berkembangnya ilmu pengetahuan.

Pada abad pertengahan di Eropa terjadi perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan yang menggunakan metode ilmiah yang menjadi landasan dalam merumuskan persoalan dan solusi.

Metode ilmiah ini menggunakan hipotesis, eksperimen (percobaan), dan observasi (pengamatan). Metode ilmiah ini yang menggantikan pendekatan ilmiah sebelumnya yang berdasarkan kepercayaan atau tradisi.

Pengaruh Aufklarung

Pengaruh aufklarung sangat dirasakan pada perkembangan teknologi dan pemikiran abad modern. Selain itu, masa aufklarung juga menghasilkan beberapa filsafat penting yang masih diadopsi sampai saat ini dalam berbagai ilmu pengetahuan.

Secara garis besar, pengaruh aufklarung bagi dunia terbagi menjadi dua yaitu pengaruh dalam bidang pemikiran dan teknologi.

Dalam bidang pemikiran, zaman aufklarung telah menyebabkan berkembangnya paham liberalisme dan nasionalisme. Aufklarung mengedepankan dan memaksimalkan kemampuan akal manusia, kemudian mendorong munculnya berbagai ideologi baru.

Sedangkan, dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, mulai bermunculan penemuan-penemuan baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang berhasil merevolusi bidang iptek di Eropa dan bermanfaat sampai saat ini.

Nah, itulah penjelasan tentang zaman aufklarung lengkap dengan latar belakang terjadinya hingga pengaruhnya sampai saat ini. Dengan berani berpikir sendiri niscaya manusia akan sejahtera dan bahagia. Itulah yang disebut Optimisme Pencerahan.(detik.com).