Kenali Etika Bersin dan Batuk agar tidak Menularkan Penyakit

SekolahNews – Penyakit bisa dengan mudah menginfeksi melalui udara. Tanpa sadar, bersin dan batuklah yang bisa menyebarkan virus penyakit. Oleh karena itu, jangan asal batuk dan bersin, kenali beberapa etika yang harus dilakukan. Hal ini menjadi bentuk pencegahan penularan penyakit.

Etika saat bersin dan batuk menurut kesehatan

Saat ingin bersin atau batuk, sangat penting untuk mengetahui etika. Hal ini dilakukan agar penularan virus tida terjadi. Selain itu, menghindarkan infeksi terjadi. Mungkin, kebanyakan dari kita saat ingin bersin atau batuk, refleks menggunakan tangan untuk menutupinya. Namun cara ini belum sepenuhnya benar.

Pasalnya, bisa saja virus dan bakteri berpindah pada telapak tangan. Setelah itu, menular pada orang lain saat bersalaman. Oleh karena itu, etika saat bersin dan batuk sangat perlu diperhatikan. Pertama, saat Anda merasa ingin bersin dan batuk segera ambil tisu untuk menutup hidung dan mulut. Setelah itu, buang tisu tersebut.

Bagi yang tidak membawa tisu, jangan menutup hidung dan mulut dengan telapak tangan. Namun gunakan lengan atas Anda. Selalu cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir. Apabila tidak ada hand sanitizer dengan bahan alkohol sangat diperlukan.

Tujuan melakukan etika saat bersin dan batuk

Tujuan dari melakukan etika saat bersin dan batuk adalah menghindarkan penyebaran virus. Mungkin, beberapa bersin dan batuk tidak mengandung kuman berbahaya. Namun, kuman dan virus bisa berasal dari rongga mulut yang dikeluarkan saat bersin dan batuk dilakukan.

Hal ini kemungkinan besar membentuk koloni yang menyebabkan infeksi. Bagi Anda yang sedang menderita batuk, sebaiknya menggunakan masker. Bila perlu sedikit jauhkan diri agar orang lain tidak terkena infeksi.

Namun alangkah baiknya lagi, Anda istirahat di rumah hingga batuk benar – benar sembuh. Terlebih, jika batuk disebabkan karena suatu penyakit. Penularan penyakit dari bersin dan batuk bisa terjadi dimana saja, seperti sekolah, kantor, pusat keramaian hingga rumah sekalipun. Sangat penting untuk memperhatikan etika dalam bersin dan batuk.

Itulah sedikit pengetahuan akan etika bersin dan batuk yang perlu Anda lakukan agar penularan penyakit bisa dicegah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.