Kenapa Mahasiswa Demo? Ini Lho Alasannya

SekolahNewsJakarta, Aksi unjuk rasa atau demo mahasiswa pada beberapa hari ini semakin meluas ke beberapa provinsi di Indonesia. Mereka melakukan aksinya di sekitar gedung DPR setempat sambil berorasi menyuarakan tuntutan mereka.

Aksi mahasiswa yang turun ke jalan adalah akumulasi kekecewaan terhadap isi sejumlah rancangan kebijakan yang sudah dibahas DPR dan pemerintah.

Ada 4 hal yang dituntut mahasiswa :

  1. Merestorasi upaya pemberantasan kolusi, korupsi, dan nepotisme.
  2. Merestorasi perlindungan sumber daya alam, pelaksanaan reformasi agrarian dan tenaga kerja dari ekonomi yang eksploitatif.
  3. Merestorasi demoktrasi, hak rakyat untuk berpendapat, penghormatan perlindungan  dan pemenuhan hak asasi manusia, dan keterlibatan rakyat dalam proses pengambilan kebijakan.
  4. Merestorasi kesatuan bangsa dan negara dengan penghapusan diskriminasi antar etnis, pemerataan ekonomi, dan perlindungan bagi perempuan.

Demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa baik di Jakarta maupun banyak kota lainnya bukan bertujuan melengserkan Jokowi.

Mahasiswa hanya ingin Presiden Republik Indonesia ke-7 itu melaksanakan janji-janji politiknya, seperti dukungan pada pemberantasan korupsi dan penguatan KPK.

Bukan malah sebaliknya, menolak mencabut UU tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau UU KPK versi revisi, yang jelas akan melemahkan kinerja KPK sebagai lembaga independen.

208 thoughts on “Kenapa Mahasiswa Demo? Ini Lho Alasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *