Kolaborasi Perguruan Tinggi UK-Indonesia dalam Penelitian Penanganan Covid-19

Sekolahnews.com — Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam, menjelaskan bahwa perguruan tinggi di Indonesia telah menyumbang berbagai inovasi terkhusus di bidang Kesehatan untuk membantu penanganan Covid-19.

“Dalam empat bulan terakhir, perguruan tinggi di Indonesia telah aktif melakukan berbagai inovasi. Berbagai penelitian dan pengembangan studi di bidang kesehatan, juga mitigasi pencegahan dan penanganan pasien Covid-19,” ujarnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Nizam, pada acara melalui daring bertajuk “Joint Declaration and Founders Meeting UK-Indonesia Consortium for Interdisciplinary Sciences (UKICIS)”, Jumat (21/8).

Baca juga: Kemendikbud Gelar Webinar Adaptasi Pembelajaran Kebiasaan Baru

Nizam turut memaparkan bahwa telah lebih dari sebelas jenis ventilator yang telah dikembangkan perguruan tinggi bersama pusat penelitian Indonesia dan ratusan telah digunakan oleh rumah sakit-rumah sakit untuk penanganan Covid-19.

“Telah lebih dari sebelas jenis ventilator yang telah dikembangkan perguruan tinggi bersama Lembaga Pusat Penelitian di Indonesia. Dan kini ratusan ventilator tersebut telah digunakan oleh rumah sakit-rumah sakit untuk membantu penanganan pasien, rapid test, serta PCR test. Selain itu juga, pengembangan vaksin Covid-19 masih terus dikembangkan,” jelas Nizam.

Pada sesi penyampaiannya, Nizam turut menyampaikan bahwa ribuan mahasiswa telah melakukan aksi relawan kemanusiaan kepada masyarakat untuk melakukan edukasi terkait pandemi.

“Selain itu, ribuan mahasiswa kami melakukan menjadi relawan, terlebih melalui metode media komunikasi, informasi dan pendidikan bagi masyarakat dalam pandemi saat ini,” tutur Nizam.

Baca juga: Surat Siswa untuk Mendikbud Ungkapkan Kerinduan Bersekolah Lagi

Pada akhir penyampaiannya, Nizam berharap bahwa kolaborasi antara perguruan tinggi kedua negara dapat bersama mengembangkan penelitian untuk kepentingan bersama dalam penanganan pandemi Covid-19 ini. Karena menurutnya, sudah sepatutnya perguruan tinggi menjadi wadah inovasi untuk kehidupan yang lebih baik.

“Kami berharap dengan adanya kolaborasi antara perguruan tinggi-perguruan tinggi UK-Indonesia, akan bersama melawan pandemi Covid-19, juga dapat melakukan penelitian gabungan yang akan bermanfaat bagi kedua negara. Perguruan tinggi sebagai mesin inovasi serta sumber daya manusia sangat penting untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi kita dan mengembangkan masyarakat untuk hidup lebih baik,” pungkas Nizam. (Sumber: Kemdikbud.co.id).