Leonardo DiCaprio Jadi Nama Pohon Langka di Kamerun

Ilmuwan Royal Botanic Gardens of Kew di London, memberikan nama Leonardo DiCaprio pada spesies pohon yang baru ditemukan. Pohon tersebut ditemukan di hutan Kamerun, Afrika diberi nama Uvariopsis dicaprio.

Pemberian nama dilakukan setelah Leonardo DiCaprio membawa pesan terkait lingkungan lewat film Don’t Look Up belum lama ini.

Dilansir USA Today, Jumat (7/1), pohon Leonardo DiCaprio menjadi tanaman baru pertama dalam sains yang diberi nama oleh ilmuwan Kew pada 2022. Pohon DiCaprio termasuk tanaman yang terancam punah. Pohon ini merupakan anggota keluarga Ylang-ylang (kenanga), spesies pohon cemara tropis kecil.

Salah satu ilmuwan Royal Botanic Gardens of Kew, Martin Cheek, menjelaskan alasan pohon tersebut diberi nama serupa dengan aktor pemenang Oscar tersebut.

“Kami rasa Leonardo DiCaprio sangat penting dalam membantu menghentikan penebangan di Hutan Ebo,” kata Kew.

Seperti diketahui, Leonardo DiCaprio selama ini menjadi salah satu pencinta lingkungan paling vokal di Hollywood. Ia menggunakan sosial media mengadvokasi banyak orang agar menghentikan penebangan di Hutan Ebo, Kamerun.

Selama ini, ia mengungkapkan selalu mencari cara memuat film dengan fokus pencinta lingkungan. Hal tersebut akhirnya ia temukan ketika membaca naskah film Don’t Look Up yang diarahkan Sutradara Adam McKay.

Film itu menjadi semacam kritik sekaligus peringatan kepada penonton mengenai krisis iklim yang selama ini menjadi perhatian Leonardo DiCaprio.

(Haluan)