Malas Belajar? Simak Kata-Kata Motivasi Dari Beberapa Tokoh Dunia

SekolahNews – Dalam meraih kesuksesan, maka belajar adalah faktor yang menentukan. Belajar itu tidak mengenal waktu, tempat, dan usia.

Malas merupakan salah satu musuh terbesar dalam belajar. Malas akan membuat kita tidak bersemangat dan ini akan sangat menghambat dalam menggapai kesuksesan

Berikut Beberapa Kata-Kata Motivasi Belajar Dari Tokoh Dunia seperti yang dikutip dari wisatanabawi.com :

1. Pendidikan Bisa Mengubah Dunia

“Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan pendidikan, Anda dapat mengubah dunia”. Nelson Mandela

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan, sebab pendidikan selalu akan digunakan dalam menjalani kehidupan. Bahkan, diibaratkan pendidikan bisa mengubah dunia itu memang benar.

Anda sendiri bisa mengubah nasib melalui mengenyam pendidikan yang tinggi. Dengan sekolah tinggi, Anda bisa menjadi orang sukses sesuai dengan cita-cita.

Bahkan, suatu bangsa bisa menjadi maju apabila rakyatnya berpendidikan tinggi. Kata-kata bijak motivasi belajar dari Nelson Mandela ini telah menginspirasi orang-orang di dunia.

2. Belajarlah Selama Anda Masih Hidup

“Hiduplah seolah engkau mati besok. Belajarlah seolah engkau hidup selamanya.” Mahatma Gandhi.

Makna kata-kata motivasi belajar dari Mahatma Gandhi dari India ini adalah bahwa setiap orang tidak akan mengetahui kapan dirinya akan mati.

Oleh karena itu, Anda harus menjalankan kehidupan ini dengan seimbang. Supaya lebih bersemangat belajar, berpikirlah bahwa Anda akan hidup selamanya. Oleh sebab itu, Anda bisa belajar tentang banyak hal yang bertujuan untuk kebaikan di dunia.

Sebaliknya, untuk urusan akhirat, berpikirlah bahwa Anda akan mati esok hari. Cara pikir ini akan membuat Anda lebih khusyuk dalam beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Pendidikan Merupakan Tiket Masa Depan

“Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini.” Malcolm X.

Apabila Anda menginginkan masa depan yang cerah, maka Anda harus meraihnya dengan cara belajar yang rajin.

Anda harus menjadi siswa berprestasi agar dapat mencapai cita-cita sehingga memiliki kehidupan yang lebih baik dari sekarang. Pendidikan tinggi itu penting bahkan sangat penting.

Maka dari itu, persiapkan sejak sekarang masa depan Anda. Jangan sia-siakan waktu yang tersisa untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna.

4. Seseorang yang Selalu belajar Akan Selamanya Menjadi Pemuda

“Seseorang yang berhenti belajar adalah orang lanjut usia, meskipun umurnya masih remaja. Seseorang yang tidak pernah berhenti belajar akan selamanya menjadi pemuda.” Henry Ford.

Belajar tidak akan terbatas oleh waktu, bahkan saat Anda sudah di usia dewasa atau bahkan tua.

Jika seseorang yang masih di usia muda berhenti belajar, ia akan terlihat tua karena pikirannya yang sudah pikun.

Namun, berbeda dengan seseorang yang terus belajar, ia akan terus menjadi seperti anak muda meskipun usianya sudah tua. Semua itu karena adanya semangat yang luar biasa untuk terus belajar.

Belajar tidak harus berhubungan dengan materi yang formal, sebab ada banyak hal yang perlu diketahui di dunia ini.

5. Pendidikan Merupakan Proses Berpikir yang Aktif

“Pendidikan bukanlah proses mengisi wadah yang kosong. Pendidikan adalah proses menyalakan api pikiran.” W.B Yeats.

Saat belajar, jangan menjadi pribadi pasif yang hanya menunggu datangnya ilmu pengetahuan dari guru ataupun orang lain.

Namun, jadilah orang yang aktif agar Anda bisa mengembangkan pengetahuan yang sudah Anda dapatkan.

Cara ini akan membuat Anda lebih cepat bisa berkembang daripada hanya mengandalkan orang lain untuk memberikan ilmu pengetahuan.

6. Akal Selalu Tumbuh Selama Anda Masih Hidup

“Tujuan dari belajar adalah terus tumbuh. Akal tidak sama dengan tubuh, akal terus bertumbuh selama kita hidup.” Martimer Adler.

Tubuh akan berhenti berkembang di umur-umur tertentu, namun tidak dengan akal. Sebab, akal pikiran Anda akan terus berkembang jika Anda mau terus belajar selama Anda hidup.

Anda akan terus mengetahui berbagai hal yang bisa digunakan untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan orang lain.

Jangan biarkan akal pikiran Anda berhenti berkembang dengan tidak pernah belajar. Selagi masih ada sisa umur, isilah hari-hari Anda dengan belajar. Entah apapun itu, selama berguna bagi diri sendiri ataupun orang lain.

7. Belajarlah Terus Agar Menjadi Orang Bijak

“Orang bijak belajar ketika mereka bisa. Orang bodoh belajar ketika mereka harus.” Arthur Wellesley.

Orang yang bijak adalah mereka yang sudah mengetahui banyak hal, namun ia masih ingin terus belajar agar bisa mengembangkan ilmu yang dimilikinya.

Namun berbeda dengan orang bodoh, sebab mereka pasti tidak mengetahui apa-apa. Ia harus terus belajar agar julukan bodoh bisa hilang dari dirinya karena sudah berubah menjadi orang yang pandai.

8. Pemilik Masa Depan Adalah Mereka yang Mau Terus Belajar

“Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan.” Mario Teguh.

Keputusan untuk menjadi pemilik masa lalu atau masa depan adalah Anda sendiri yang menentukan. Masa depan yang cemerlang dikaitkan dengan memiliki pekerjaan yang bagus dengan gaji banyak.

Namun, Anda tidak akan bisa mendapatkan itu semua jika tidak didampingi dengan belajar. Anda membutuhkan ilmu pengetahuan untuk bisa mendapatkan itu semua.

Oleh karena itu, mulai sekarang mulailah untuk terus belajar agar bisa mendapatkan masa depan yang cemerlang. Itulah 8 kata-kata motivasi belajar dari beberapa tokoh terkenal di dunia. Semoga dengan kata-kata motivasi tersebut bisa menjadikan semangat untuk Anda agar terus belajar.