Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

SekolahNews — Jika kamu benar-benar suka design dan multimedia, tempat anda adalah jurusan¬†DKV (Design Komunikasi Visual),¬†bukan ke jurusan ilkom/IT.

Jurusan ini memang belum sepopuler jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika. Tapi disinilah sisi kreatif anda akan diasah. Bisa disebut kalau DKV adalah perpaduan seni design tradisional (pakai kertas dan gambar) dengan teknologi digital.

Di jurusan Desain Komunikasi Visual, kamu bisa belajar tentang metode-metode kreatif dalam membuat karya-karya visual.

Baca juga: Mengenal Kuliah Jurusan Teknik Sipil

Awalnya, jurusan Desain Komunikasi Visual dikenal dengan nama Desain Grafis dan mempelajari seputar grafis 2D (gambar) di media cetak.

Kemudian, dalam perkembangannya DKV cakupannya lebih luas lagi.

Pesan visual kini tidak hanya dalam bentuk grafis 2D di media cetak, tetapi juga grafis 3D dan grafis bergerak di media elektronik dan berbagai jenis media baru yang muncul seperti media interaktif web.

Berikut penjelasan lebih lengkap tentang jurusan Desain Komunikasi Visual seperti dikutip dari Rencanamu.id.

Apa itu DKV?

Di jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), kamu akan mempelajari ilmu tentang penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan elemen-elemen visual atau rupa. Kamu akan belajar untuk mengolah pesan secara informatif, komunikatif, dan efektif, serta sekreatif mungkin agar pesan dapat mencapai sasaran dengan memperhatikan unsur bentuk, warna, tekstur, ruang, huruf, dan segala hal yang berkaitan dengan visual (pengelihatan).

Kamu juga akan banyak melakukan praktek untuk menciptakan karya desain di berbagai media, seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi, dan sebagainya.

Jurusan Desain Komunikasi Visual kini juga memiliki beragam peminatan di beberapa perguruan tinggi, seperti peminatan grafis, multimedia, dan periklanan.

Serius Pilih DKV ?

Bila kamu ingin mengeksplorasi bakatmu dalam dunia desain lebih dalam, jurusan DKV adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

Kamu akan mempelajari gabungan antara komunikasi dengan unsur estetika. Jurusan ini juga tepat untuk kamu yang suka menggambar secara manual atapun menggunakan perangkat lunak desain grafis, fotografi, videografi, serta membuat animasi.

Baca juga: 4 Kampus yang punya Jurusan Bahasa Korea

Tapi penting untuk diingat bahwa kuliah di DKV ada plus dan minusnya:

  • Butuh dana yang cukup besar untuk membeli peralatan dan perlengkapan
  • Melelahkan jika ada proyek yang harus dikerjakan. Tapi pasti mengasyikan karena dikerjakan dengan sepenuh hati
  • Kuliah relatif santai dan penampilan seperti layaknya seniman, pakaian nggak formal kayak kuliah di jurusan lain

Mata kuliah DKV

Di jurusan Desain Komunikasi Visual, kamu akan menemukan mata kuliah yang beragam mulai dari seni rupa, fotografi, videografi, ilmu periklanan, dan lainnya.

Mata kuliah yang dipelajari seperti Dasar Seni Rupa dan Desain, Rupa Dasar 2D, Pengantar Rekayasa dan Desain, Kreativita dan Humanita, Rupa Dasar 3D, DKV Dasar, Tipografi Dasar, Ilustrasi Dasar, Fotografi Dasar, Desain Komunikasi Visual Dasar, Tipografi Aplikatif, Ilustrasi Aplikatif, Fotografi Aplikatif, Metode Produksi, Komunikasi Visual Multimedia, dan lainnya.

Prospek karier DKV

Lulusan Desain Komunikasi Visual memiliki peluang kerja yang luas, terutama di industri kreatif. Kamu bisa bekerja di agensi periklanan, konsultan branding, perusahaan penerbitan, pengembang website, humas di berbagai perusahaan dan instansi pemerintahan, desainer produk komersil dan industri, kurator seni, sutradara, editor film dan video, animator dan seniman video, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa bekerja menjadi desainer lepas (freelance designer) yang dapat memasarkan karyanya ke mana saja. Desainer Komunikasi Visual saat ini masih lebih banyak dikenal dengan sebutan Desainer Grafis sebagai profesi. Selaku Desainer Grafis di bawah suatu perusahaan, kamu harus bisa memenuhi tuntutan perusahaan.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Arsitektur, Cari Tahu Kuy!

Kampus menyediakan jurusan DKV

Ada berbagai universitas baik negeri maupun swasta yang menyediakan pilihan jurusan Desain Komunikasi Visual. Kamu bisa memilih kampus seperti Universitas Telkom, BINUS University, Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis, Universitas Sahid Jakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Tarumanegara, dan Universitas Paramadina.

Kampus lainnya yang bisa kamu pilih adalah Universitas Trisakti, Universitas Multimedia Nusantara, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Makassar, Universitas Pelita Harapan, Institut Kesenian Jakarta, dan lainnya.