Perawatan Kulit untuk Wajah Berminyak agar Terhindar dari Jerawat

Dok. Pexel

Sekolahnews -Jerawat biasanya dialami oleh pemilik kulit wajah berminyak. Pasalnya kulit berminyak memproduksi sebum berlebihan. Sabum sebenarnya memiliki fungsi yang baik dalam menjaga kelembapan kulit. Namun jika berlebihan, sebum akan mendatangkan banyak masalah pada wajah seperti komedo dan jerawat. Hal ini karena debu dan kotoran lebih mudah melekat pada kulit berminyak.

Tapi tenang, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan guna mengontrol produksi minyak wajah. Berikut uraiannya dinukil dari Healthline.

Cuci Muka Secara Teratur

Pastikan untuk mencuci wajah sebanyak dua kali dalam sehari guna memastikan wajah tetap bersih. Pilih sabun wajah berbahan lembut dengan formula yang sesuai dengan jenis kulit berminyak.

Clay Mask

Clay mask berfungsi membuang racun pada wajah serta mengontrol produksi minyak berlebih. Masker ini juga dapat membantu mengangkat kotoran membandel pada wajah.

Minyak Jojoba

Minyak jojoba memiliki karakter yang hampir mirip dengan sebum alami wajah. Kamu bisa menggunakan minyak ini untuk ‘menipu’ kelenjar minyak. Minyak jojoba akan bekerja untuk memberikan sinyal pada kelenjar minyak agar tak perlu banyak berproduksi.

Kertas Minyak

Bagi kamu pemilik kulit berminyak, pastikan untuk selalu membawa kertas minyak dalam tas ke mana pun kamu pergi. Saat kamu merasa kulit mulai berminyak, ambil kertas minyak lalu tap pada area wajah yang penuh minyak.