“Perempuan Tanah Jahanam” Karya Terbaru Joko Anwar

SekolahNews – Film horor terbaru dari Joko Anwar setelah ‘Pengabdi Setan’ yang sukses secara komersial dan dipuji para kritikus dalam dan luar negeri dengan judul PEREMPUAN TANAH JAHANAM tayang di bioskop di seluruh Indonesia mulai 17 Oktober 2019.

Film horor ini berbalut kisah misteri yang sangat menegangkan, terlebih karena syuting dilakukan di lokasi-lokasi otentik yang belum pernah dieksplorasi di film manapun sebelumnya. Penonton diharapkan bersiap untuk sebuah perjalanan mencekam yang tak akan terlupakan. 

PEREMPUAN TANAH JAHANAM merupakan produksi dari Base Entertainment bekerjasama dengan Hollywood (Ivanhoe Pictures), Indonesia (Rapi Films dan Logika Fantasi), dan Korea Selatan (CJ Entertainment) yang menggabungkan kekuatan bercerita dari tiga negara yang dibintangi oleh para aktor ternama Indonesia dan juga para pendatang baru yang bertalenta luar biasa. 

Konferensi press Perempuan Tanah Jahanan (Andri Mufid)

Film Perempuan Tanah Jahanam bercerita tentang Maya (Tara Basro), seorang penjaga tiket tol yang sedang sial. Suatu malam ketika bekerja, ia mendadak diaerang orang tak dikenal. Tak pernah beruntung di kota, Maya dan sahabatnya bernama Fini (Marissa Anita) pergi ke desa asal Maya karena Maya mendapat petunjuk bahwa keluarganya kaya dan meninggalkannya warisan yang banyak. Setibanya di desa itu, Maya mulai dihantui beberapa sosokanak yang sudahmeninggal. Tapi masalah hidupnya bukan cuma dihantui setan, tapi seluruh penduduk desa itu pun ternyata mengincarnya untuk suatu rencana yang mengerikan. 

Beberapa orang yang sudah berkesempatan menonton di pemutaran awal, mengekspresikan pengalaman yang sama bahwa film PEREMPUAN TANAH JAHANAM membuat mereka deg-degan sepanjang film, diteror sesuatu yang tak terbayangkan dengan intensitas yang terusenerus. Fans horor akan mendapatkan pengalaman histeris dari mengikuti naskah dan penyutradaraan dari Joko Anwar kali ini. 

Untuk mencapai tingkat kengerian tinggi, syuting pun mengambil lokasi du daerah terpencil yang belum pernah digunakan sebelumnya untyk syuting film. Joko Anwar mengaku mendapatkan desa yang dipakai dalam film dari pecinta alam yang pernah melewati tempat tersebut. Kru malah sampai harus membuka jalan untuk mendapatkan akses. Ketuka sampai saatnya melakukan syuting, Joko Anwar beserta kru bersiasat agar tidak berisik di saat pengambilan gambar.  

Para aktris dan aktor yang berperan pun merasakan keseruan yang sama. Tara Basro menjelaskan, “Fulm ini sangat challenging buat saya secara mental dan fiaik”. Salah satu adegan terberat adalah saat digantung terbalik, “Rasanya pusing, mual. Aduh, harus akting pula, harus nangis. Jadi, mixed feelinga. Tapi, ketuka adefan itu sudah selesai, tuh, rasanya lega banget karena itu bisa dibilang salah satu adegan yang gue tunggu-tunggu”. 

Shanty Harmayn, produser dari BASE Entertainment menyampaikan film ini telah membuatnya menahan nafas dati awal sampai akhir saking intensnya. “Sekjak pertama kali proyek ini berjalan, Joko punya visi yang clear mengenai cara bercerita dan cara membuatnya, maka tak heran hasilnya di layar luar biasa.” 

Justin Kim, produser eksekutif dari CJ Entertainment menambahkan, “Dari adegan pembukaan yang mengejutkan, lalu semua rahasia desa yang ditinggalkan dan masa lalu protagonis terungjap langkah demi langkah. Semua tak bisa ditebak. Kami berharap para hadirin dapat sepenuhnya menikmati katarsis horor otentik ini.” Sedangkan Sunil Samtami, salah satu produser eksekutif dari RAPI Films menyampaikan, “Kami ingin penonton merasa takut menonton film ini, mereka harus keluar dari sinema dengan perasaan tak sama dari sebelumnya.”

(Andri Mufid)

468 thoughts on ““Perempuan Tanah Jahanam” Karya Terbaru Joko Anwar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *