Profil Pelajar Pancasila

Sekolahnews.com – Belakangan ini dunia pendidikan di Indonesia dikenalkan istilah baru yang mungkin masih asing terdengar. Istilah tersebut adalah PROFIL PELAJAR PANCASILA. Tentu saja sebagian masyarakat Indonesia sudah tahu apa itu PANCASILA. Tapi tidak semua masyarakat familiar dengan istilah ini. 

Asal muasal Profil Pelajar Pancasila

Sebenarnya istilah ini baru muncul dalam Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035 dan Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.Karena Pancasila adalah falsafah hidup bangsa Indonesia, maka setiap warga negara mampu mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila. 

6 Ciri Utama Profil Pelajar Pancasila

Ciri-ciri ini adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai yang terkandung dalam Pancasila.

1. Beriman, bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

Pelajar Indonesia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

Elemen kunci: akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara

2. Berke-bhineka-an Global

Pelajar Indonesia menumbuhkan rasa saling menghargai dan berpikiran terbuka terhadap budaya lain namun tetap mempertahankan budaya luhur, lokalitas, serta identitasnya. 

Elemen kunci: mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman ke-bhineka-an

3. Gotong Royong

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan untuk mengerjakan kegiatan bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan berjalan lancar, mudah, dan ringan.

Elemen kunci: kolaborasi, kepedulian, berbagi

4. Mandiri

Pelajar Indonesia dapat bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya sendiri

Elemen kunci: kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi, regulasi diri

5. Bernalar Kritis

Pelajar Indonesia mampu memproses informasi baik berupa kualitatif maupun kuantitatif, saling mengaitkan beragam informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi serta menyimpulkannya secara objektif.

Elemen kunci: Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, mengambil keputusan

6. Kreatif 

Pelajar Indonesia mampu memodifikasi untuk menciptakan sesuatu yang asli atau orisinil, bermakna, bermanfaat, serta berdampak dengan ide kreatif yang dimiliki.(guruinovatif.id).