Sederet Bahan Harian Ampuh Atasi Saluran Air Mampet

Sekolahnews – Saluran air yang bisa menjadi mimpi buruk dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, rumah juga tidak sehat karena saluran air tersumbat dapat menimbulkan bau tak sedap di dalam rumah.

Saluran air biasanya mengalami penyumbatan jika sudah lama digunakan. Apalagi jika saluran air tidak memiliki penyaring yang baik. Beragam benda yang dapat masuk di saluran air menjadi penyebab munculnya penyumbatan.

Untuk mengatasi penyumbatan saluran air di kamar mandi, kadang kala orang kesusahan untuk mengatasinya. Padahal ada beberapa bahan harian yang mudah ditemukan bisa dimanfaatkan untuk mengatasi saluran air yang mampet. Berikut diantaranya:

Air panas

Cara termudah dan paling sederhana adalah dengan menuangkan air panas ke dalam saluran.  Air panas akan membantu mengurasikan sisa-sisa lemak dan sabun yang mengendap di saluran. Pastikan untuk menuang air panas secara perlahan agar tidak terkena cipratan.

Pemutih pakaian

Produk rumah tangga satu ini ternyata juga dapat mengatasi saluran air mampet dan mencegah pertumbuhan jamur di dalamnya.

Cukup mudah, tnuangkan pemutih pakaian sekitar 200 ml dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya, bilas pemutih pakaian dengan air secara berkala hingga bersih dan tidak menimbulkan bau.

Campuran cuka dan baking soda

Campuran baking soda dan cuka akan menghasilkan reaksi kimia yang dapat membantu membersihkan saluran air yang mampet.

Caranya adalah tuang baking soda ke dalam saluran, lalu tunggu beberapa menit. Selanjutnya tuang cuka dan diamkan selama satu jam. Apabila kotoran penyumbat sudah hilang, tuang air panas untuk membilasnya.

Campuran baking soda dan perasan lemon

Bahan lain yang bisa digunakan untuk atasi saluran air tersumbat adalah air perasan lemon. Caranya adalah tuangkan air perasan lemon secukupnya ke dalam saluran dan tunggu selama 30 menit.

Setelah itu, tuang baking soda dan diamkan selama beberapa jam, lalu bilas dengan air panas.