Selain Universitas Brawijaya, Ini 13 Perguruan Tinggi Berstatus PTN BH

Sekolahnews.com – Universitas Brawijaya (UB) kini menyandang status sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum atau PTN BH . Perubahan status UB menggenapi daftar PTN BH sebanyak 14 perguruan tinggi per November 2021.
PTN BH adalah perguruan tinggi yang didirikan pemerintah dengan status sebagai badan hukum publik yang bersifat otonom. Dengan status tersebut, artinya Universitas Brawijaya bisa menggembangkan jurusan, bekerja sama dengan dunia usaha, dunia industri, organisasi atau lembaga, dan masyarakat.

PTN BH diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2020 tentang Perubahan atas PP Nomor 26 Tahun 2015 Tentang Bentuk dan Mekanisme Pendanaan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

Salah satu perbedaan PTN BH dan PTN adalah aturan-aturan khusus terkait seleksi masuk mahasiswa. Contoh, pada Seleksi PTN 2021, PTN BH memiliki kuota minimum 30 persen jalur SBMPTN dan maksimum 50 persen Seleksi Mandiri.

Sebelumnya, perguruan tinggi Indonesia dengan status sebagai badan hukum publik otonom dikenal sebagai PTN Badan Hukum Milik Negara atau PTN BHMN. Pada 2012, BHMN diputuskan berubah nama menjadi PTN BH dalam Undang-Undang Nomor 12 tentang Pendidikan Tinggi. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang pertama kali berstatus BHMN adalah UI, UGM, IPB, dan ITB.

Dirjen Dikti Prof. Nizam mengatakan, otonomi pada sebuah perguruan tinggi berstatus PTN BH diberikan sebagai upaya percepatan menghasilkan SDM berkualitas dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Nizam mengatakan, saat ini sudah ada 14 perguruan tinggi berstatus PTN BH. Sementara itu, ada dua perguruan tinggi yang sedang di tahap harmonisasi PP untuk berubah status jadi PTN BH.

“Ada Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Malang (UM),” kata Prof. Nizam, Senin (1/11/2021).

Daftar Perguruan Tinggi Berstatus PTN BH
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Institut Teknologi Bandung (ITB)
Universitas Indonesia (UI)
Institut Pertanian Bogor (IPB) University
Universitas Airlangga (Unair)
Universitas Diponegoro (Undip)
Universitas Sumatera Utara (USU)
Universitas Sebelas Maret (UNS)
Universitas Padjadjaran (Unpad)
Universitas Hasanuddin (Unhas)
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Universitas Andalas (Unand)
Universitas Brawijaya (UB)

(detik.com).