Teater Agung Nasional China

National Centre for the Performing Arts (NCPA) adalah gedung opera yang menjadi pusat pertunjukan seni di Beijing.

Dirancang oleh arsitek Prancis Paul Andreu, TAN merupakan kompleks teater terbesar di Asia. Gedung TAN berbentuk semi-bola, sumbu panjang 212,20 meter arah timur-barat dan sumbu pendek 143,64 meter arah utara-selatan, tinggi 46,28 meter, luas area 119.900 meter², total luas bangunan sekitar 165.000 meter² termasuk 105.000 meter² bangunan utama dan 60.000 meter² fasilitas tambahan bawah tanah, total biaya 3,067 miliar yuan. Terdapat ruang opera, ruang musik, ruang teater, ruang pameran seni, restoran, toko audio dan fasilitas pendukung lainnya.

Pusat Seni Pertunjukan Nasional terletak di distrik bersejarah di Beijing. Ini menempati wilayah besar 150 meter persegi dan merupakan gedung opera terbesar, paling luar biasa dan modern. Bangunannya berupa kubah besar yang terbuat dari kaca dan titanium yang dibangun berbentuk elips.

Tingginya 46 meter dan menjulang di atas danau buatan. Pembangunan gedung ini di kota kuno ini bertepatan dengan Olimpiade Musim Panas 2008 di Beijing. Butuh beberapa tahun untuk menyelesaikannya pada tahun 2007. Arsitek Prancis Paul Andreu bertanggung jawab atas proyek tersebut.

Menurut idenya, pintu masuk teater harus berada di bawah tanah, pada kedalaman 8 meter. Itu pasti terowongan dengan atap kaca. Desain seperti itu menciptakan ilusi bahwa ketika Anda menyusuri terowongan di bawah air, Anda akan menyingkirkan semua kekhawatiran Anda dan terjun ke dunia yang indah.

Gedung National Center for the Performing Arts dapat menampung hingga 5500 penonton secara bersamaan. Ini memiliki tiga aula yang indah – teater, konser, dan aula opera yang merupakan yang terbesar. Selain itu, ada banyak ruang pameran di Grand Theatre.

Teater Nasional untuk Seni Pertunjukan tidak hanya mementaskan opera yang plotnya didasarkan pada sejarah negara dan karya sastra kontemporer, tetapi juga mempertunjukkan karya klasik dunia. Opera Beijing dianggap sebagai “hati dan jiwa” asli teater. Ini adalah jenis seni terkenal di Cina yang diproklamirkan sebagai prestasi nasional dan dunia.

Pada akhir abad XVIII, ketika Kaisar tiba di Beijing, salah satu perusahaan teater juga datang ke kota. Kelompok itu awalnya dari provinsi tetapi Kaisar sangat menyukai penampilan mereka sehingga memerintahkan mereka untuk tinggal di kota dan mengembangkan keterampilan mereka di sini.

Momen ini menjadi titik awal perkembangan opera Beijing yang meliputi opera, balet, tragedi, komedi, dan pantomim. Saat ini, Pusat Seni Pertunjukan Nasional dikenal di seluruh dunia.

Ini sangat dihargai dan sangat dicintai di negara asalnya. Seni opera Beijing tidak pernah berhenti berkembang dan menjadi lebih baik. Ini didukung oleh pemerintah dan para penggemar teater. Opera tidak mati. Ini adalah menemukan solusi baru dan realisasi bakat aktor.